Hubungan Busy Book terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia1-2 Tahun Di Posyandu Loa Pari

  • Septia Nur Handayani Universitas Mulawarman
  • Malpaleni Satriana Universitas Mulawarman
  • Wilda Isna Kartika Universitas Mulawarman
  • Windi Dwi Andika Universitas Sriwijaya

Abstract

Media busy book menjadi suatu media inovatif dan efektif untuk menstimulasi perkembangan anak yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anak. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara busy book dengan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 1-2 tahun. Metode yang dipakai adalah kuantitatif dengan jenis korelasional. Data dikumpuulkan dengan skala likert dan observasi, serta analisis data dengan korelasi pearson. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta di Posyandu Loa Pari yang berusia 1-2 tahun dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Nilai signifikansi yang diperoleh dari hasil uji korelasi pearson adalah sebesar 0,003 > 0,05 yang menunjukkan bahwa ditemukan hubungan antara kedua variabel. Kemudian tingkat hubungan antara kedua variabel ada di tingkat hubungan yang kuat, yaitu dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,773. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara media busy book dengan kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia 1-2 tahun di Posyandu Loa Pari dengan tingkat hubungan antara kedua variabel ada di tingkat yang kuat. Diharapkan para pendidik dapat menjadikan busy book sebagai salah satu alat untuk mendorong perkembangan bahasa anak.

Keywords: busy book, media pembelajaran, bahasa ekspresif, anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Septia Nur Handayani, Universitas Mulawarman

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Malpaleni Satriana, Universitas Mulawarman

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Wilda Isna Kartika, Universitas Mulawarman

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Windi Dwi Andika, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

El Annisa, A. B. (2022). Pengembangan Media Busy Book untuk Membentuk Bahasa Ekspresif Anak Usia 3-4 Tahun di TPQ Rahmataini Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/43517/

El Hasbi, A. Z., Damayanti, R., Hermina, D., & Mizani, H. (2023). PENELITIAN KORELASIONAL (Metodologi Penelitian Pendidikan). Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(6), 784–806. https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan/article/view/771

Elparesi, R. K., & Zulminiati, Z. (2023). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5650–5659. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6599

Faizin, N., Masruhim, M. A., & Palenewen, E. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina 3 Tarakan. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 20–29. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/1697

Fitriyah, F., Khasanah, I., & Purwadi, P. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng Terhadap Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Usia 3-4 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 111–118. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6770

Gunawan, M. L., Djoehaeni, H., & Gustiana, A. D. (2023). Hubungan Tingkat Kesejahteraan dengan Kompetensi Profesional Guru PAUD ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 176–187. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.15587

Hasiana, I. (2020). Studi Kasus Anak dengan Gangguan Bahasa Reseptif dan Ekspresif. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no1.a2296

Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192

Ikhsania, A. A. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun dan Tips Stimulasinya. Nutricllub.Co.Id. https://www.nutriclub.co.id/artikel/tumbuh-kembang/1-tahun/kenali-5-tahap-perkembangan-bahasa-anak-usia-dini-yang-wajib-diketahui

Jafar, F. S., & Satriana, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi TALENTA, 4(1), 51. https://doi.org/10.26858/talenta.v4i1.6784

Karina, V. (2017). Smart Practice Book Belajar Membaca Menulis Huruf, Angka, dan Kata. Cikal Aksara.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kartika, W. I., & Putri, A. A. P. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4097–4106. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4372

Khotami, A. H. (2020). Ungkapan Emosi Pada Anak Usia 1 Tahun 6 Bulan Dalam Kajian Psikolinguistik. Caraka, 7(1), 119–129. https://doi.org/10.30738/caraka.v7i1.8896

Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Deepublish.

Kurniasari, A., & Prima, E. (2020). Penanganan Anak Usia Dini dengan Gangguan Perkembangan Bahasa Ekspresif di KB Al Azkia Lab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto. Jurnal CARE, 8(1), 20–39. https://doi.org/10.2573/jcare.v8i1.6871

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book Pada kosakata Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK. Jurnal Metamorfosa, 5(2), 146–155. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/185

Permendikbud, R. I. (2014a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Mendiknas, 72.

Permendikbud, R. I. (2014b). Permendikbud RI Nomor 146 Tahun 2014 Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Anak Usia Dini. Jakarta.

Rizkiani, A., & Darmawani, E. (2022). Keterampilan Berbicara Anak dengan Gangguan Bahasa Ekspresif. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 1–13. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.9149

Rohani, R. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal Raudah, 5(2), 137. https://doi.org/10.30829/raudhah.v5i2.181

Rohmawati, K., & Nugrahani, R. (2021). Analisis Data Ahli Materi Pada Media Busy Book Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Di KB Kartini Sedayulawas Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Golden Childhood Education Journal, 2(1), 20–25. http://journal.unirow.ac.id/index.php/GCEJ/article/view/294

Rompas, C. A., & Wijayanti, T. D. (2023). Pengembangan Media Treasure Sensory Cube Untuk Meningkatkan Pengalaman Bermain Sensori Bagi Anak Usia 3-4 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17050

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). CV Alfabeta.

Sunardi, T. J., & Kurniastuti, I. (2022). Pengembangan Media Busy Book Untuk Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 501–509. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.11437

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02

Thordardottir, E., Topbaş, S., Argus, R., Bl ́ahov ́a, V., Bulut, T., Camilleri, B., Castro, A., Czaplewska, E., Dabaˇsinskieṅe, I., Daniela, L., Dulˇci ́c, A., Esposito, A., Gheorghita, D., Grech, H., Håkansson, G., Jalali-Moghadam, N., Karpava, S., Krivickaiṫe-Leiˇsien ̇e, E., Laasonen, M., … Theodorou, E. (2021). How aware is the public of the existence, characteristics and causes of language impairment in childhood and where have they heard about it? A European survey. Journal of Communication Disorders, 89(February 2020). https://doi.org/10.1016/j.jcomdis.2020.106057

Trimuliana, I. (2021). Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran. Paudpedia.Kemdikbud.Go.Id. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/komunitas-pembelajar/guru-kreatif/manfaat-penggunaan-media-pembelajaran?ref=MjAyMTA4MDUxNDA1MDktMzQwZjc3ZWQ=&ix=Mi0yNzUzY2RjMw==#:~:text=Memperjelas isi%2Fpesan pembelajaran%2C media,disampaikan lebih jelas dan detail.

Wahyuni, V. S. (2021). Several Methods to Teach Reading to Early Childhood. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research, 1(2), 36–39.

Wahyuningrum, A., Anggraini, I., Ramdani, L. A., & Hermawan, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education, 4, 242–250. https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13398

Widhiasih, A. P., & Alfaini, S. N. (2023). Pengembangan Media Edukasi Busy Book Untuk Mengembangkan Bahasa Ekspresif Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun Di Tk Bimbat Audi Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 20. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.7832

Wulandari, S. (2023). Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. Badanbahasa.Kemdikbud.Go.Id. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/3963/keterampilan-berbahasa-anak-usia-dini

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Published
2024-12-14
Abstract viewed = 44 times
pdf downloaded = 20 times