Efektivitas Media Pembelajaran Flash Card dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Sanggar Bimbingan Rawang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran flash card dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa Sanggar Bimbingan Rawang, Selangor Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan menggunakan desain One Groups Pretest-Posttest Design berbentuk O1 X O2. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji T pada aplikasi SPSS, yaitu pengujian kebenaran hipotesis apakah ada pengaruh atau tidaknya sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu kelas 1 - 2 dengan jumlah siswa 15 orang. Penelitian ini dilakukan dalam empat kali pertemuan pembelajaran selama satu bulan dengan target peningkatan kemampuan menghafal serta memahami Asmaul Husna. Hasil penelitian, penggunaan media pembelajaran flash card dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa Sanggar Bimbingan Rawang, di tunjukkan dengan meningkatnya rata-rata perolehan data nilai pada target sebelum dan sesudah dilakukannya intervensi. Sebelum dilakukan intervensi hasil yang didapat adalah 63,3 dan sesudah dilakukan intervensi meningkat menjadi 72,6. Selain itu, hasil dari pengujian uji T diperoleh data bahwa hipotesis diterima atau adanya pengaruh setelah dilakukannya intervensi, ditunjukan dengan perolehan output signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran flash card efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa Sanggar Bimbingan Rawang, Selangor Malaysia.
Downloads
References
Achmad Syahlani, D. S. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (TES PILIHAN GANDA. Jurnal AKRAB JUARA, 7(3), 6.
Agustina, W., Hamengkubuwono, H., & Syahindra, W. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 18(20), 112. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.365
Anditiasari, N., & Dewi, N. R. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 97–108. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.177
Andriani, L. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi di SMK 4 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), 119. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i1.206
Aqillamaba, K., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(2), 54–61.
Cicilia Retnaningsih. (2023). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iv Sd Negeri 6 Buntok. Jurnal Saintifik (Multi Science Journal), 21(1), 17–24. https://doi.org/10.58222/js.v21i1.122
Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology. Higher Education Research Methodology. https://doi.org/10.4324/9781315149783
Dharma, A. M. (2020). Perbedaan Pengaruh Penggunaan Media Scrabble Secara Kelompok Dan Secara Individu Terhadap Peningkatan Pengetahuan Faktual Kata Istilah Mahasiswa Stab Maha Prajna. ABIP : Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 3(2), 66–78. https://doi.org/10.53565/abip.v3i2.228
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Fadillah, N., & Ida Safitri. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Di Sd Negeri Bukit Tiga Aceh Timur. Jurnal Tunas Bangsa, 8(1), 75–87. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i1.1362
Fajar, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Media Flashcard pada Materi An-Nazah di DTA Manaarul Huda Kelas IV. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 24–36. https://doi.org/10.52593/klm.02.1.02
Febiani Musyadad, V., Supriatna, A., & Gosiah, N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iii Sdn Kertamukti. Jurnal Tahsinia, 2(1), 85–96. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.279
Habsy, B. A., Rachmawati, A. P., Wiyono, R. F. W. F., & Rakhmanita, A. (2023). Penerapan Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Perkembangan Bahasa Vygotsky dalam Pembelajaran. Tsaqofah, 4(1), 143–158. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2143
Hatim, M. (2018). Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 140–163. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v12i2.265
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933
Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. Deiksis, 9(02), 119. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375
Kurniawan, M. R., & Rahman, Y. A. (2019). Teori Belajar Kognitif: Membedah Psikologi Belajar Jean Piaget. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 1–10.
Lestari, E. D. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelas 1 Sd Negeri 01 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(2), 112. https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1098
Mantahir, M., & Hamsiah, A. (2019). Hubungan Minat Baca Dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(3). http://www.journalfkipuniversitasbosowa.org/index.php/klasikal/article/view/54%0Ahttps://www.journalfkipuniversitasbosowa.org/index.php/klasikal/article/download/54/42
Munthe, A. P. (2018). MANFAAT SERTA KENDALA MENERAPKAN FLASHCARD PADA PELAJARAN MEMBACA PERMULAAN Ashiong. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11, 210–228.
Nuraisah, S. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Flashcards untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al- Qur ’ an Hadis Materi Hukum Bacaan Idzhar. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 4(1).
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587
Puspitasari, N., Izzati, U. A., & Darminto, E. (2022). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Bahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(5), 8545–8559. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3789
Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2021). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 531–539. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952
Rif’atul Amaliah, N., & Anwar, K. (2023). Penerapan Digital PBL Berbasis Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan adaptasi Literasi dan Perkembangan Kognitif di Kelas Besar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(2), 210–224. https://doi.org/10.22437/gentala.v8i2.29983
Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100.
Sahrudin, S. (2020). Efektivitas Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Penguasaan Teori Belajar dan Prinsip – Prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 66. https://doi.org/10.47453/permata.v1i2.116
Shafa, I., Siregar, Z., & Hasanah, N. (2022). Pengembangan Media Flashcard Materi Pahlawanku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2754–2761. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2258
Suhartati, A., Lian, B., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Kemampuan Belajar Kognitif Siswa Kelas II Sekolah Dasar. ANTHOR: Education and Learning Journal, 1(4), 236–239. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i4.40
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Swihadayani, N. (2023). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Sosial Teknologi, 3(6), 488–493. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.810
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 6. http://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/88
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734
Worang, M. O., Rantung, V. P., & Parinsi, M. T. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Mata Kuliah Multimedia. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(5), 581–590. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2919
Zahrotun Nisa, S., Robiah Al Damiyah, S., & Novianti Gunawan, A. (2020). Implementasi Rencana Proses Pembelajaran Saintifik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–14. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2019). Analisis Karakteristik Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Jenjang Sd, Smp Dan Sma. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.47732/adb.v2i1.95
Copyright (c) 2024 Nina Hernawati, Oman Hadiana, Nanan Abdul Manan, Hana Astria Nur, Tio Heriyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.