Meningkatkan Kemampuan Menghitung Angka 1 – 10 Melalui Permainan Bola Angka Pada Anak Usia Dini

  • Alchonity Harika Fitri Universitas Dharmas Indonesia
  • Susanti Susanti

Abstract

Kemampuan dalam menghitung angka kurang menyenangkan sehingga anak kurang masksimal memahami pelajaran terutama dalam menghitung angka 1-10 yang berakibat kurang tuntasnya hasil belajar anak. Maka peneliti menggunakan bola warna yang diberi angka 1-10, anak mengenal menghitung angka melalui benda dan menempatkan bola angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak, 2) meningkatkan kemampuan dalam menghitung angka, 3) meningkatkan pembelajaran yang menarik bagi anak melalui permainan bola angka. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai subyek dalam penelitian adalah anak Paud Dharma Bakti Kelompok B, sebanyak 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah hasil pengamatan observasi, aktivitas anak yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan dari siklus I yang mencapai 66% , meningkat pada siklus II menjadi 93%, berarti metode yang bermain bola angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menghitung 1-10 secara bertahap. Dalam melaksanakan pembelajaran menunjukkan adanya keberhasilan yang didapat, anak dapat mengenal konsep lambang bilangan dengan baik, anak dapat menyebutkan lambang bilangan melalui benda bola, anak dapat mengulang konsep lambang bilangan lebih kompleks, anak mampu mengurutkan lambang bilangan dengan menggunakan benda (bola).

Keywords: Kemampuan Menghitung, Bola Angka, PAUD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-oun, S.I., & Al-leheeby Hameed, MQ. (2015). Obstacles Facing The Implementation Of Physical Education Curriculum In Iraqi Public Schools As Perceived By Teacher In Anbar Governorate. European Scientific Journal. Vol. 11. No. 16, June, 334-343.
Amelia, Donna. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Bola Angka di TK Samudera Satu Atap Pariaman”. Jurnal pesona 1PAUD, Volume 1, Nomor (1).
Arikunto, Suharsimi dkk. 2006.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Bumi Aksara.
Beaty Janice J, (2013) .Observasi Perkembangan Anaka usia Dini, Jakarta :PT Fajat Interpratama Mandiri
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Jakarta, Tentang Sistem pendidikan Nasional.
Fadillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Garanhani, M.L. (2013). Integrated nursing curriculum in Brazil: A 13-year experience. The State University Of Londrina, Parana. Vol. 4. No. 12B, 66- 74.
Hergenhahn B.R., & Olson H. Matthew. (2008). Teori Of Learning, (7thed). Jakarta: Kencana
Published
2018-12-30
Abstract viewed = 1080 times
PDF downloaded = 253 times