Pengaruh Literasi Terhadap Kemampuan Baca Tulis Awal Anak Usia Dini di TK Yaa Bunayya Kota Bima
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi terhadap kemampuan baca tulis awal Anak Usia Dini di Tk Yaa Bunayya Kota Bima, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan rancangan eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah 42 anak yang dibagi menjadi dua kelompok secara acak, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan baca tulis awal yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan indikator kemampuan membaca dan menulis awal pada Anak Usia Dini. Tes ini mencakup identifikasi bunyi, pemahaman bunyi huruf, kemampuan membaca suku kata dan kata sederhana, serta kemampuan menulis huruf dan kata sederhana. Analisis data yang dilakukan meliputi. Statistik deskriptif untuk mengambarkan karakteristik sampel yang peneliti, uji asumsi dasar yang terdiri dari uji normalitas, uji beda menggunakan t-independent untuk mengetahui perbedaan skor kemampuan baca tulis awal antara kelompok kontrol dan eksperimen setelah perlakuan, uji hipotesi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan baca tulis awal antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen yang memperoleh perlakuan pembelajaran literasi menunjukan peningkatan kemampuan baca tulis awal yang lebih tinggi secara signifikan dibandingan kelompok kontrol.
Downloads
References
Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.
Amini, M., & Aisyah, S. (2014). Hakikat anak usia dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65, 1–43.
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Arsa, D., Atmazaki, A., & Juita, N. (2019). Literasi Awal pada Anak Usia Dini Suku Anak Dalam Dharmasraya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.159
Dilena, H. (2022). Penerapan Metode Belajar Sambil Bermain Guna Memenuhi Kebutuhan Pengembangan Diri Anak. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora, 1(1), 30–35. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i1.487
Fajriyah, L. (2018). Pengembangan Literasi Emergen Pada Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3). https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1394
Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Hefrizal, M. (2018). ANALISIS METODE ECONOMIC VALUE ADDED UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT. UNILEVER INDONESIA. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.31289/jab.v4i1.1552
Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6.
Junaidi, R., & Susanti, F. (2019). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA UPTD BALTEKKOMDIK DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SUMATERA BARAT. https://doi.org/10.31227/osf.io/bzq75
Kurniastuti, I. (2016). Mengenal Kesukaran Belajar Membaca Menulis Awal Siswa Sekolah Dasar dan Metode Montessori sebagai Alternatif Pengajarannya. Jurnal Penelitian, 19(2).
Lolang, E. (2014). Hipotesis Nol dan Hipotesis Alternatif. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 685–695.
Magdalena, R., & Krisanti, M. A. (2019). Analisis penyebab dan solusi rekonsiliasi finished goods menggunakan hipotesis statistik dengan metode pengujian independent sample t-test di pt. Merck, tbk. Jurnal Tekno, 16(2), 35–48.
Nur Maulida, D., Labiba Kusna, S., & Puspitasari, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Koper Literasi untuk Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 568–579. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.330
PROFIL 19 KB TK Yaa Bunayya- sejarah singkat.docx. (t.t.).
Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: Panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.
Raunsay, E. K., Akobiarek, M., & Ruamba, M. Y. (2020). Distribusi Vertikal Asplenium nidus L. di Kawasan Hutan Imbowiari, Kepulauan Yapen, Papua (Vertical Distribution of Asplenium nidus L. in the Imbowiari Forest, Yapen Islands, Papua). Jurnal Sylva Lestari, 8(3), 390. https://doi.org/10.23960/jsl38390-399
Risnawati, A. (2020). Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 513–515.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2021). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279–287. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1264
Suci Lestari, N. K. A., & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 117–126. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.32215
Sugian, E., Fahruddin, F., & Witono, A. H. (2021). Implementasi Program Pengembangan PAUD “Holistik Integratif’di PAUD LSM Ampenan Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3). https://doi.org/10.58258/jime.v7i3.2342
Sukestiyarno, Y., & Agoestanto, A. (2017a). Batasan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas pada model regresi linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177.
Sukestiyarno, Y., & Agoestanto, A. (2017b). Batasan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas pada model regresi linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177.
Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.
Tanu, I. K. (2017). Pentingnya pendidikan anak usia dini agar dapat tumbuh dan berkembang sebagai generasi bangsa harapan di masa depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19–29.
Telaumbanua, S., Dakhi, N. N., & Ziliwu, E. S. P. (2024). Pendidikan dan Pembinaan Rohani Anak Usia Dini di Era Digital Berdasarkan 2 Timotius 3: 15. Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 106–119.
Wirman, A., Yaswinda, Y., & Tanjung, A. (2018). Pengunaan Media Moving Flahscard Untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(2b), 54–62.
Yus, A. (2015). Penilaian perkembangan belajar anak taman kanak-kanak. Kencana.
Zakariah, M. A., & Afriani, V. (2021). Analisis statistik dengan spss untuk penelitian kuantitatif. Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Copyright (c) 2024 Wiwin Sari, Irwan Irwan, Lukman Lukman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.