Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi di TK Islam Athirah 1 Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak dengan menggunakan pembelajaran project based learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental dan menggunakan desain Non-equivalent control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 anak didik dengan teknik Systematic sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji statistik non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran pembelajaran literasi menggunakan metode suku kata (Syllabic method) dapat dikatakan bahwa anak belajar mengenal huruf tanpa mengeja sehingga anak mudah untuk lupa huruf, (2) Gambaran pembelajaran project based learning di TK Islam Athirah 1 Makassar, Treatment yang diberikan berupa penerapan pembelajaran project based learning yang terdiri dari empat jenis permainan yaitu: permainan kura-kura baca, pohon kata, kartu pop up, dan tab kelinci, (3) Terdapat pengaruh pembelajaran project based learning terhadap kemampuan literasi anak di TK Islam Athirah 1 Makassar. Berdasarkan uji Mann whitney, diperoleh nilai 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variabel X (pembelajaran project based learning) berpengaruh terhadap variabel Y (kemampuan literasi).
Downloads
References
Azizah, & N. (2018). Konsep Belajar Menggunakan Model Project based Learning.
Febrianti, A., Dwi, R. ;, Profesi, J. P., Prajabatan, G., Luar, P., Universitas, B., Makassar, N., Pendidikan, ;, Anak, G., & Dini, U. (2023). Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini TKN Nilla Gading Rompegading. 5(2), 1243–1248.
Furoidah, R. R. F., & Rohinah. (2019). Implementasi Metode Suku Kata (Syllabic Method) dalam Pembiasaan Membaca Awal Anak Usia Dini di Kelompok B1 TK IT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan. Proceedings of The 4th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 4, 515–526. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/conference/index.php/aciece/aciece2
Giro, A., & Haji, S. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis The Effectiveness of Project Based Learning on Students ’ Mathematical Literacy. 7(i).
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Jayusman, J. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Sub Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Univ.
Kaldi, S., Filippatou, D., & Govaris, C. (2011). Project-based learning in primary schools: Effects on pupils’ learning and attitudes. 39(1), 35–47. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/03004270903179538?scroll=top&needAccess=true
Marwany dan Kurniawan, H. (2020). Pendidikan Literasi Anak Usia Dini: Meningkatkan Keterampilan Membaca, Berpikir, Dan Menulis Berpikir Anak. Hikam Media Utama.
Rusmayadi, Musi, M. A., Ilyas, S. N., & Chafidah, N. (2023). Pengaruh PjBL Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Tunas Siliwangi, 9(1), 17–23.
Setyorini, A., & Masulah, M. (2020). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Sekolah Dasar Sidoarjo dalam Menulis Kreatif Cerita Anak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 131. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3664
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448
Yunus Abidin, Tita Mulyati, dan H. Y. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.
Copyright (c) 2024 Andi Evi Nurfawali Asbar, Parwoto Parwoto, Rusmayadi Rusmayadi, Herlina Herlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.