Pengaruh Strategi Pembelajaran Bernyanyi Terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Kemampuan membaca adalah salah satu komponen pendidikan yang paling penting dan berfungsi sebagai bakat dasar yang harus dimiliki setiap individu. Pembelajaran justru lebih mudah diterima oleh anak pada masa golden age. Mulai membaca sejak usia dini merupakan bakat yang perlu dimiliki setiap anak karena memungkinkan mereka untuk mengikuti pelajaran di sekolah dan membuka dunia pengetahuan serta kesempatan untuk meraih keberhasilannya. Penelitian ini mengerucut dan fokus pada pengaruh strategi pembelajaran bernyanyi dengan tahapan terhadap perkembangan kemampuan bahasa khusunya membaca. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian quasi-exsperimental atau eksperimen semu dengan nonequivalent control group design menggunakan uji Mann Whitney U Test menunjukkan hasil nilai nilai U < U tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya pada penelitian ini terdapat perbedaan secara signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan. Dalam hal ini dapat diartikan bahwa strategi pembelajaran bernyanyi memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak. Hipotesis diterima.
Downloads
References
Anggraini, R., Risnita, R., & Fridiyanto, F. (2023). Melalui Kegiatan Bermain dan Bernyanyi dapat Mengembangkan Bahasa untuk Anak 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2939–2950. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.2922
Cooper, Robinson, Slansky, & Kiger. (2018). Literacy : Helping Students Construct Meaning (10th ed.). Cengage Learning.
Dorlina, N., Saroinsong, W. P., Rosalianisa, R., Rinakit, K., & Widayati, S. (2021). Music Enhancing Young Learner’ s Creativity. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 20, 189–201.
Dyramoti, M., & Wahyuningsih, R. (2022). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Daya Ingat, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Anak di TK Methodist Jakarta Utara. Jurnal PAUD Agapedia, 6(2), 197–208.
Education, S. S. (1991). Instructional Approaches : a Framework for Professional Practice. Saskatchewan Education. https://books.google.co.id/books?id=kAMyNAEACAAJ
Fitri, R., Reza, M., Ningrum, M. A., & Surabaya, U. N. (2020). INSTRUMEN KESIAPAN BELAJAR : ASESMEN NON-TES UNTUK MENGUKUR KESIAPAN PERSPEKTIF NEUROSAINS. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengetahuan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(1), 17–32.
Flohr, J. w, Persellin, D. C., Burton, S. L., Dansereau, D., Hornbach, C., Smith, A., Cooper, S., Cardany, A. B., Kastner, J. D., Sims, W. L., Roberts, L., Keast, D., & Velez, K. (2012). Learning From Young Children : Research in Early Childhood Music. In S. L. Burton & C. C. Taggart (Eds.), MENC: The National Association for Music Education (Vol. 49, Issue 05). MENC: The National Association for Music Education. https://doi.org/10.5860/choice.49-2578
Hardini, I., & Puspitasari, D. (2015). STRATEGI PEMBELAJARAN TERPADU (Qoni (ed.); I). Familia (Group Relasi Inti Media).
Hasani, A. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 4 – 5 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta 2019, 335–344. https://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/semnas2017/article/view/84
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak (edisi revisi). Penerbit Angkasa.
Jones, M. E., & Christensen, A. E. (2022). Constructing Strong Foundations of Early Literacy. In Constructing Strong Foundations of Early Literacy. https://doi.org/10.4324/9780429284021
Khotimah, N., Hasibuan, R., Reza, M., & Saroinsong, W. P. (2020). The Scale Factors of Teacher Personalty Skill Model on Children Socio-emotional. Social Science, Education and Humanities Research, 503(Iceccep 2019), 111–113.
Kurniasih, S. (2022). Pembelajaran Inovatif dengan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengetahuan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 87–96.
Mahdaleni, M., & Hadiyanto, H. (2022). Pengaruh Metode Bernyanyi Berbasis Sumbang Duo Baleh Terhadap Karakter Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5575–5583. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2932
Mann, H. B., & Whitney, D. R. (1947). On a Test of Whether one of Two Random Variables is Stochastically Larger than the Other. The Annals of Mathematical Statistics, 18(1), 50–60. http://www.jstor.org/stable/2236101
Maqrom. (2022). Optimalisasi Pembelajaran PAI Dengan Media Pembelajaran Microsoft Teams Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. IAIN KUDUS.
Mufidah, I., & Maulidiyah, E. C. (2022). PENGARUH GAME BELAJAR MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN USIA 5-6 TAHUN. 10(4).
Munawarah, S. (2021). Strategi discovery learning dalam pembelajaran anak usia dini. Kaisa: Jurnal Pendidikan Dan …, 1(2), 106–116. http://ejournal.kampusmelayu.ac.id/index.php/kaisa/article/view/268%0Ahttp://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2346711&val=22611&title=Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini
Ningrum, M. A., Reza, M., & Maulidiyah, E. C. (2019). The Effect of Show and Tell Method on Children ’ s Confidence. Social Science, Education and Humanities Research, 382(Icet), 96–98.
Novianti, I., & Watini, S. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi “Asyik” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini di Paud Al-Hikmah Desa Ciptamargi Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 399–408. http://jurnaledukasia.org
Noviasari, D., & Simatupang, N. D. (2023). PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK YAMASSA SURABAYA Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Universitas Negeri Surabaya , Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Universitas Negeri Surabaya PEN. JURNAL JENDELA BUNDA, 22–32.
Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran (A. Sophe (ed.)). Penerbit EDU PUSTAKA.
Paramyta, N., & Reza, M. (2015). PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF DI TK WILAYAH KECAMATAN SIDOARJO. PAUD Teratai, 4(2). http://ejournal.unesa.ac.id/article/15028/19/article.pdf
Parviani, D. (2020). KEMAMPUAN MENGENAL SUKU KATA AWAL SAMA PADA ANAK USIA 5-6. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372
Pratiwi, I. R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FONIK BERBASIS AUDIOVISUAL UNTUK PEMAHAMAN KEAKSARAAN AWAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. 12(1), 1–7.
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Putri, F. R., Maylani, I., Mafazi, N., & Huda, W. N. (2022). Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini melalui Berbagai Media Pembelajaran. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 2(1), 36–46.
Rahma, T. A., & Witasari, R. (2022). Strategi Guru Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak melalui Media Flash Card. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 2(2), 87–98.
Rahmah, Z. A., Komalasari, D., Simatupang, N. D., & Ika, N. (2023). Pengembangan Video Alphabet Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. 07(02), 373–382.
Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan Perspektif Pakar Pendidikan. 4(2), 173–187.
Ramadhani, N. V., & Setiyatna, H. (2023). PELAKSANAAN ASESMEN INFORMAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DIN. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengetahuan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 04(1), 75–86.
Ramadhaniar, Rafida, T., & Hasibuan, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Bernyanyi Terhadap Kemampuan Membaca Iqro’ Anak Usia Dini. 6(1), 717–725.
Ramdhan. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Renggo, Y. R., & Kom, S. (2022). POPULASI DAN SAMPEL KUANTITATIF. METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN KOMBINASI, 43.
Reza, M., Khotimah, N., Pratiwi, A. P., & Widayanti, M. D. (2022). Implementasi Perancangan Media Loose Parts Pada Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 1–8.
Santoso, S. (2010). Statistik nonparametrik. Elex Media Komputindo.
Sari, W. M., Adhe, K. R., Widayanti, M. D., & Maulidiyah, E. C. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP LITERASI ANAK KELOMPOK B. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 5(2), 72–90.
Setyaningsih, U., & Indrawati. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3701–3713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2240
Sholichah, S. A., & Simatupang, N. D. (2022). PENGARUH AKTIVITAS BERNYANYI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK KURNIA PUTRA. Jurnal Pelita PAUD, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1896
Simatupang, N. D., Widayati, S., & Adhe, K. R. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1130–1141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4067
Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., Sholihah, S. A., Childhood, E., Teacher, E., & Science, F. E. (2022). Application of Singing Activities to Stimulate Children’s Vocabulary Acquisition. Child Education Journal, 4(2), 139–158. https://doi.org/10.33086/cej.v4i2.3164
Simatupang, N., & Rosalianisa, R. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kereta Musik Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Journal Of Early Childhood Education and Development, 3(2), 107–120.
Simatupang, N., Sholichah, S., & Simanjuntak, I. (2023). Pelatihan Musik untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Bermusik Guru PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3225
Simatupang, N., Widayati, S., & Adhe, K. R. (2023). PELATIHAN BERCERITA DENGAN BIG BOOK DAN LAGU UNTUK. Communnity Development Journal, 4(6), 13184–13190.
Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2022). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279–287. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225
Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.
Sujarweni, V. W., & Utami, L. R. (2019). The master book of SPSS. Anak Hebat Indonesia.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa
Yanti, T. S. (2007). Uji Rank Mann-Whitney Dua Tahap. 7(1), 55–60.
Yasir, C., Rasmani, U. E. E., & Dewi, N. K. (2021). Profil Perkembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Gugus Melati Jaten. Kumara Cendekia, 9(2), 124. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49294
Yelvarina, Nugroho, S., & Swita, B. (2009). KAJIAN UJI MANN-WHITNEY DAN UJI PERINGKAT BERTANDA WILCOXON. Jurnal Statistika, 61–69.
Yetti, E., Syarah, E. S., Suharti, Pramitasari, M., & Syarfina. (2019). PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1, pp. 37–72). LPP-Mitra Edukasi. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Yulia, D., & Suhardini, A. D. (2021). Pengembangan Metode B3 ( Bernyanyi , Bercerita , & Bermain ) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 di TKQ X. 3, 37–45. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i1.156
Yusuf, M. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Suwito (ed.); 4th ed.). KENCANA.
Zubaidah, E. (2020). Pengembangan Bahasa Anak. 5(3), 248–253.
Copyright (c) 2024 Nurul Cahyani, Nurhenti Dorlina Simatupang, Muhammad Reza, Sri Widayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.