Model Pembelajaran Dalam Menstimulasi Kemampuan Berkolaborasi Pada Anak Usia Dini
Abstract
Pembelajaran yang ideal yaitu pembelajaran yang mencapai tujuan pembelajaran secara efektif sehingga menstimulasi perkembangan potensi anak. salah satu yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran berupa model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan anak. Namun kenyataannya masih banyak guru-guru Taman Kanak-kanak yang belum mampu menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran dan masih menggunakan model pembelajaran klasikal yang bersifat indivual dalam setiap aktivitasnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang model pembelajaran untuk menstimulasi kolaborasi anak usia dini yang digunakan di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran yang dilakukan di satuan PAUD belum bervariasi, ditemukan hanya 1 partisipan yang telah menggunakan model pembelajaran bervariatif yaitu dengan menggunakan projectbased learning dan model pembelajaran STEAM, namun keterampilan kolaborasi hanya dilakukan pada kegiatan tertentu. Hal tersebut disebabkan karena keterbatasan kemampuan guru, waktu dan setting kelas. Oleh karena itu sangat dibutuhkan inovasi dalam merancang, menentukan dan mengimplentasikan model pembelajaran terutama dalam menstimulasi keterampilan kolaborasi anak.
Downloads
References
Al Kahar, A. A. D., & Putri, R. A. (2023). Project Base Learning dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 199-210.
Putri, C. F., & Zulminiati, Z. (2020). Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3038-3044.
Santika, D. A., Mulyana, E. H., & Nur, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Model STEM pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 171-184.
Krajcik, J. S., & Czerniak, C. M. (2018). Teaching science in elementary and middle school: A project-based learning approach. Routledge.
Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal of Biological Education, 26 (1), 14-17.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches (5th ed.). SAGE.
DeJarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the early childhood classroom. European Journal of STEM Education, 3(3), 18. Fathinah, A., Istiningtyas, L., & Situmorang, D. D. B. (2023). Languishing and flourishing experiences in schizophrenic patients during hospitalization. Psikohumaniora, 8(1), 103– 118. https://doi.org/10.21580/pjpp.v8i1.15536
Tan, O. S. (2021). Problem-based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century. Gale Cengage Learning.
Battelle for Kids. (2019). Framework for 21st century learning. Partnership For 21st Century Learning. Retrieved from http://www.battelleforkids.org/networks/p21/frameworks-resources
Larson, Lotta C. Miller, Teresa Northern 21st Century Skills: Prepare Students for the Future. Kappa Delta Pi Record, 47(3)
Apriono, D. 2013 Pembelajaran Kolaboratif, Jurnal Prospektus UNIROW, XVII (1): 292- 304.
Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia . Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia , Vol. 13, No. 1; 2019; 2239- 2253.
Trilling, Bernie. Fadel, Charles, 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, Calif : Jossey- Bass/John Wiley & Sons, Inc.
Putri, S. U. & Taqiudin. STEAM-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini. (Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 856-867.2021)
Sopacua, E. E. D., & Rahardjo, M. M. (2020). Persepsi Guru Senior Terhadap Pembelajaran Tematik Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Salatiga. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 153-167.
Brinkman, S. A., Hasan, A., Jung, H., Kinnell, A., Nakajima, N., & Pradhan, M. (2017). The role of preschool quality in promoting child development: evidence from rural Indonesia. European Early Childhood Education Research Journal, 25(4), 483–505. https://doi.org/10.1080/1350293X.2017.1331062
Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Sopacua, E. E. D., & Rahardjo, M. M. (2020). Persepsi Guru Senior Terhadap Pembelajaran Tematik Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Salatiga. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 153–167. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1647
Syarfina, S., Yetti, E., & Fridani, L. (2018). Pemahaman Guru Pra-Sekolah Raudhatul Athfal (Ra) Tentang Kesiapan Sekolah Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 153– 163. https://doi.org/10.21009//JPUD.121.13
Greenstein, 2012. Assesing 21st Century Skills : A Guide to Evaluate Mastery and Authentic Learning. Corwin Press.
Permendikbud Nomor 7 Tahun 2023
Greenstein, S., & Zhu, F. (2018). Do experts or crowd-based models produce more bias? Evidence from Encyclopædia Britannica and Wikipedia. Mis Quarterly.
Bangun, K. B., & Marbun, S. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Perkembangan Sosial Anak 5-6 tahun Di TK Sos Desa Taruna Medant. A 2018/2019. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 5(1), 24-29.
Aqobah, Q. J. dkk. Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional . (Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) 5 (2), 134-142. 2020)
Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi belajar dan mengajar guru pada abad 21. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2).
Knight, L. (2008). Communication and transformation through collaboration: rethinking drawing activities in early childhood. Contemporary Issues in Early Childhood, 9(4), 306-316.
Copyright (c) 2023 Mahyumi Rantina, Endry Soebandry, Asep Supena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.