Pengaruh Penggunaan Big Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana anak usia 5 sampai 6 tahun dipengaruhi oleh media buku besar dalam hal kemampuan berbicaranya. Dalam penelitian ini, digunakan desain pra-eksperimental kelompok pre-test-post-test tipe I dengan pendekatan kuantitatif dan metodologi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah 43 anak muda. Tiga puluh anak, usia lima hingga enam tahun, yang dipilih melalui seleksi purposif menjadi sampel penelitian. Uji-t berpasangan digunakan untuk analisis data pada hasil penilaian pre-test dan post-test. Selanjutnya, dengan membandingkan nilai Sig, diuji pentingnya data tersebut. (2-tailed) dan nilai α. Nilai Sig ditentukan dengan menggunakan data pre-test dan post-test hasil temuan uji t berpasangan. Ketika nilai 2-tailed sebesar 0,000 maka nilai α sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig 2-tailed lebih kecil dari nilai α (0,000 < 0,05). Oleh karena itu, Ha diterima dan H0 ditolak, yang menunjukkan bahwa anak-anak berusia antara lima dan enam tahun mendapat manfaat dari paparan media cetak besar dalam hal kemampuan berbicara mereka.
Downloads
References
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422.
Khumaira, K., Rini, R., & Kurniawati, A. B. (2015). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Aspek Perkembangan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 1(5).
Kurniawati, A. B., & Nawangsasi, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Big Book Bagi Guru PAUD/TK di Kota Bandar Lampung Tahun 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 1(01).
Kurniawati, A. B. (2011). Hubungan Kondisi Keaksaraan Keluarga dan Motivasi Membaca Dengan Kemampuan MembacaPermulaan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 1-16.
Mahmud, T. (2018). Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Lisa Melalui Metode Peran Pada Anak Kelompok B di TK Aisiyah Merduanti Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa, 6(2), 193-211.
Nawangsasi, D., Sasmiati, S., & Maulida, A. N.,. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Logis pada Anak. Indonesian Journal Of Early Childhood Issues, 3(1), 1-10.
Nawangsasi, D., & DRUPADI, R. D. (2019). Pentingnya Mendogeng untuk Pendidik Anak Usia Dini.
Riwayati Zein, Z., & Vivi Puspita, V. P. (2021). Efektivitas Pengembangan Model Bercerita terpadu terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2168-
Septiyani, S., & Kurniah, N. (2017). Pengaruh media big book terhadap kemampuan berbicara pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 47-56.
Copyright (c) 2024 Prestisia Ananda, Asih Budi Kurniawati Kurniawati, Devi Nawangsasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.