Penerapan Pembelajaran STEAM Menggunakan Media Berbasis Loose Parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak

  • Syakurah Salma Universitas Pendidikan Indonesia
  • Suci Utami Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gia Nikawanti Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penerapan pendekatan STEAM di PAUD dapat berperan untuk menstimulus perkembangan anak usia dini diantaranya kreativitas. Meskipun populer, STEAM belum banyak diimplementasikan di PAUD karena dipandang sebagai pendekatan yang memerlukan biaya tinggi. Pandangan ini perlu diubah agar semakin banyak sekolah yang dapat menerapkan STEAM dengan biaya yang lebih efisien sehingga guru memiliki kesempatan lebih baik dalam menstimulus kreativitas anak. Salah satu alternatifnya adalah penggunaan media pembelajaran berbasis loose part. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan kreativitas anak pada kelas menggunakan metode penugasan dengan kelas yang menerapkan STEAM berbasis loose part. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Non-equivalent Control Group Design dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun kelompok B dengan kelas kontrol sebanyak 15 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 16 siswa untuk menstimulasi kreativitas mereka ketika belajar dengan menggunakan metode STEAM berbasis Loose Parts. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, dan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan melakukan uji N-gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak pada kelas kontrol berkembang pada kriteria rendah dan kelas eksperimen pada kriteria tinggi. Selain itu, terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kreativitas anak pada kelas yang menerapkan STEAM berbasis loose part dibanding kelas yang menggunakan metode penugasan.

Keywords: Loose parts, Anak Usia Dini, Kreativitas, Steam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, J. (2005). Tahapan Mendidik Anak. Bandung : Irsyad Baitus Salam
Alam, I., & Perry, C. (2002). A customer-oriented new service development process. Journal of Services Marketing.
Astuti, I. D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegasi STEM untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93
Azizah, N dkk. (2022). Perspektif Guru terhadap Pengembangan Keterampilan Abad 21 Bagi Anak Usia Dini. Prosiding Reorientasi PGPAUD dan Revitalisasi Peran Guru dalam Perspektif Merdeka Bermain Anak Usia Dini di Era Digital Abad 21 yang diselenggarakan oleh FIP UM. Malang : Universitas Negeri Malang
Beloglovsky,M. and Daly,L. (2015). Loose Parts, Inspiring Play in Young Children. Readleaf Press. Yorkton Court.
DeJarnette, Nancy K. (2018). “Implementing STEAM in the Early Childhood Classroom.” European Journal of STEM Education 3(3):1–9.
Gonzalez, H. B., & Kuenzi, J. (2012). What Is STEM Education and Why Is It Important? Congressional Research Service
Guyotte, K. W., Sochacka, N. W., Costantino, T. E., Walther, J., & Kellam, N. N. (2014). STEAM as social practice: Cultivating creativity in transdisciplinary spaces. Art Education, 67(6), 12–19
Hake, R. 1999. Analyzing Change/ Gain Score. Indiana: Indiana University.
Halimah, L dkk. (2022). Pendekatan Science, Technology, Religius, Engineering, Art, Mathematics (STREAM) Dengan Menggunakan Media Loose Part. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD yang diselenggrakan oleh FIP UM. Malang : Universita Negeri Malang. Pp 146-158
Haughey, S., & Hill, N. (2017). Loose Part: A Start-Up Guide. Fairy Dust Teaching.
Isenberg, J.P.,& Jalongo, M.R. (2010). Creative thinking and arts-based learning. New Jersey: Pearson
Jackman, H. L. (2009). Early Education Curriculum A Child’s Connection to the World Fourth Edition. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning
Krogh, S.L & Slentz, K.L. (2008). The Early Childhood Curriculum. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc
Laboy-Rush, D. (2021). Integrated STEM education through game-based learning. 2238-2242.
Lely, P., Prabawati, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Project-Based Learning Based On Stem ( Science , Technology , Engineering , And Mathematics ) Enhancing Students Science Knowledge Competence. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 621-629.
Lutfi, Ismail, & Azis, A. A. (2017). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Literasi Sains , Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Effect of Project Based Learning Integrated Stem Against Science Literacy , Creativity and Learning Outcomes On Environmental Pollution. Prosiding Seminar Nasioanal Biologi Dan Pembelajarannya, 189-194.
Michaud, M. R. (2014). STEAM : Adding Art to STEM education. District Administration, 50(1), 64
Munandar.U. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : PT Gramedia Wdiasarana Indonesia.
Nopiyanti, I., Adjie, N., & Putri, S. U. (2020). STEAM-PBL in Early Childhood Education: Optimization Strategies for Developing Communication Skills. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 503, 81-86.
Putri, SU, & Taqiudin, AA (2021). Steam-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Dini, 6(2), 856-867
Putri. U. S. (2019). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Sumedang : UPI Sumedang Press
Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM in practice and research: An integrative literature review. Thinking Skills and Creativity.
Seidel, S., Tishman, S., Winner, E., Hetland, L., & Palmer, P. (2009). The qualities of quality : Understanding excellence in arts education. Cambridge: MA: Project Zero, Harvard Graduate School of Education
Siantajani, Y., (2020). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: PT Sarang Seratus Aksara
Sit, Maganti., dkk. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana publishing
Suryawati, E. A., & Akkas, M. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-dasar Literasi & STEAM. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Wahyuningsih. (2020). Efek Metode STEAM ada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 305–311.
Published
2023-08-29
Abstract viewed = 286 times
PDF downloaded = 340 times