Penggunaan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran di Era Modernisasi Pada PAUD Baitul Haq

  • Eha Wahyuni Sya'adah
  • Ernida Afriani
  • Sekar Ayu Cahyaningrum Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Zahra Nur Afiya
  • Sri Watini

Abstract

Pendidikan melalui televisi telah memberikan banyak manfaat, terutama di lingkungan sekolah. Dengan teknologi canggih dan konten yang menarik, TV Sekolah dapat memberikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif bagi siswa. Acara-acara yang ditayangkan menampilkan konten-konten pendidikan, hiburan, media ekspresi dan juga bisa menjadi media promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penggunaan TV sekolah dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam era modernisasi pada PAUD Baitul Haq. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik mengumpulkan data lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TV sekolah dapat memberikan berbagai manfaat dalam proses pembelajaran di era modernisasi pada PAUD Baitul Haq.

Keywords: tv sekolah, pendidikan anak usia dini, media pembelajaran modernisasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.68

Burumi, Y. A., & Watini, S. (2022). Penggunaan Channel TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi IV Serui. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3491–3498. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.863

Damayanti, Y., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2646–2653. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.737

Elliza, E., & Watini, S. (2022). TV Sekolah Sebagai Media Meningkatkan Kreativitas Guru Di TKIT Ar-Rahman 1. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1747–1758. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1747-1758.2022

Fitriani, F., & Watini, S. (2022). Implementasi Media TV Sekolah dalam Mengembangkan Motivasi Belajar pada Anak Paud Pelita Hati. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2936–2941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.786

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 60–71. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/193/195

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87

Latifah, I., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada TKIT Al Hikmah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 602–606. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.463

Lesmana, D. E., Annisa, N., Setiawati, C., & Watini, S. (2023). Pemanfaatan Studi Literatur TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran Digital PAUD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 2055–2063. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1818

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225–232. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178

Purwani, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan Media Grafis untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55–67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142

Rannu, D., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 680–686. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.485

Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708

Rosmawati, C., & Watini, S. (2023). Peran TV Sekolah sebagai Media Syiar Konten Edukasi bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 185–196. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3692

Srihayati, T., & Watini, S. (2022). Implementasi Media TV Sekolah sebagai Inovasi dalam Pendidikan di RA Darussalam. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 23–30. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2018

Stit, S., & Nusantara, P. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Televisi Dalam Pembelajaran Untuk Memperbaiki Perilaku Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 269–278. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1192

Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110–123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82–90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Yulianah, N., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Komunikasi yang Efektif di RA Senyum Muslim. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1841–1848. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1841-1848.2022

Yunita, Y., & Watini, S. (2022). Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2603–2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729

Published
2023-06-30
Abstract viewed = 160 times
pdf downloaded = 112 times