Perbedaan Pemerolehan Bahasa Sintaksis pada Anak Kembar Usia 2 Tahun

  • Juanda Juanda Universitas Negeri Makassar
  • Arlin Arlin Universitas Negeri Makassar

Abstract

Pemerolehan bahasa pada anak kembar berbeda jenis kelamin merupakan hal yang menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemerolehan bahasa pada sepasang anak kembar pada tataran sintaksis di usia 2 tahun 7 bulan – 2 tahun 11 bulan. Subjek penelitian adalah sepasang anak kembar, ZA berjenis kelamin laki-laki, dan ZU berjenis kelamin perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ZA yang berjenis kelamin laki-laki pada tataran sintaksis mampu memproduksi kalimat dua kata, hingga tiga kata atau lebih, baik itu bentuk deklaratif maupun imperatif sederhana. Demikian juga pada ZU yang berjenis kelamin perempuan, pada tataran sintaksis mampu memproduksi kalimat dua kata hingga tiga kata atau lebih dalam bentuk deklaratif, dan imperatif sederhana, hingga kalimat kompleks. Sementara itu perbandingan pemerolehan bahasa ZA dan ZU dari segi sintaksis berupa kalimat dua kata hingga tiga kata atau lebih, ZU jauh lebih produktif dibandingkan dengan ZA. Di umur yang sama, ZU mampu membuat kalimat yang lebih kompleks tanpa harus menunggu stimulus dari orang di sekitarnya. Penelitian ini bisa menjadi data baru bagi akademisi yang berkecimpung pada bidang pemerolehan bahasa, terutama terkait perbedaan pada anak laki-laki dengan anak perempuan. 

Keywords: pemerolehan bahasa, anak kembar, sintaksis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyati, Nika, and Sandy Ramdhani. 2022. “Perbandingan Perkembangan Bahasa Anak Ditinjau Dari Perspektif Pola Pengasuhan Kebudayaan Sunda Dan Kebudayaan Sasak” 7 (1).

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dinda Ardiyanti, and Hendra Setiawan. 2022. “Pemerolehan Bahasa (Mean Length of Utterence ‘Mlu’) Rafatar Malik Ahmad Pada Usia Tiga Tahun Dari Segi Sintaksis.” Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia 7 (1): 1–12. https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.150.

Elberti, Indah Putri. 2021. “Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dua Tahun Dalam Bahasa Sehari - Hari.” Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5 (2): 46–57. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3682.

Fahmi, Z. 2022. “Pemerolehan Sintaksis Pada Anak Usia 3 Tahun (Suatu Kajian Neuro Psikolinguistik).” Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah 4 (1). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/OBORPENMAS/article/view/4138.

Helty, Helty, Julisah Izar, Rengki Afria, and Istiqomah Husnun Afifah. 2021. “Tahapan Dan Perbandingan Pemerolehan Bahasa Pada Anak Laki-Laki Dan Perempuan Usia 18 Bulan: Kajian Psikolinguistik.” Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 7 (2): 84. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i2.3650.

Jamal, Hana Septiana, and Hendra Setiawan. 2021. “Analisis Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 2,8 Tahun Berdasarkan Mean Length Of Utterance Dalam Aspek Fonologi Morfologi Dan Sintaksis.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (6): 3816–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1249.

Larasati, Endang, Neti Karnati, and Sukro Muhab. 2022. “International Journal of Social Science Research and Review.” Department of Education Management 5 (3): 260–70.

Losi, Rizky Vita, Virdyra Tasril, Rika Widya, and Maulana Akbar. 2022. “Using Storytelling to Develop English Vocabulary on Early Age Children Measured by Mean Length Of Utterance (MLU).” International Journal of English and Applied Linguistics (IJEAL) 2 (1): 179–87. https://doi.org/10.47709/ijeal.v2i1.1470.

Miles, B.W., and Huberman. 2004. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UIP.

Munsi, Mia Fatimatul. 2020. “Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia.” Prosiding Samasta, 1–6.

Nasution, Fina Mardiana. 2022. “Pemerolehan Bahasa Anak Melalui Pengukuran Mean Length of Utterence.” Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia 5 (1): 15–20. https://doi.org/10.54583/apic.vol5.no1.89.

Nisa, Khoirun, Andi Rachel Angraeni, Rihma Rihma, and Ian Wahyuni. 2022. “Pengaruh Gawai Pada Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2 Tahun 9 Bulan.” Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra 9 (2): 109. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i2.13738.

Perempuan, D A N, Usia Tahun, and Akhmad Humaidi Lili Agustina. 2021. “PEMEROLEHAN LEKSIKON ANAK LAKI-LAKI” 1: 35–41.

Purba, Ridwin, Resmi Resmi, Nanda Saputra, and Herman Herman. 2022. “Exploring the Teaching of Language Variation Use from Early Children’s Acquisition at School.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (6): 5446–53. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2907.

Puspitawati, N L A, Jawed Karim, and Steven Chen. 2022. “Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 11 No 1 , Maret 2022 Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 11 No 1 , Maret 2022” 11 (1): 97–107.

Putri, Rantika Alycia, and Rosmawaty Harahap. 2021. “Pemerolehan Bahasa Anak Suku Karo Sumatera Utara (Kajian Mean Length of Utterance [Mlu]).” Caraka 7 (2): 1–13. https://doi.org/10.30738/caraka.v7i2.10133.

Rahmanianti, Dita, Neni Triyani, Nurmaula Syafa Yuniswara, and Mekar Ismayani. 2018. “Analisis Perbandingan Pemerolehan Bahasa Anak Perempuan Dan Laki-Laki Usia 2 Tahun Pada Aspek Fonologi.” Parole 1 (2): 233–40. http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i2p%25p.251.

Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

Salleh, Rabiah Tul Adawiyah Mohamed, Bruno Di Biase, and Satomi Kawaguchi. 2021. “Lexical and Morphological Development: A Case Study of Malay English Bilingual First Language Acquisition.” Psychology of Language and Communication 25 (1): 29–61. https://doi.org/10.2478/plc-2021-0003.

Suzuki, Shungo, Judit Kormos, and Takumi Uchihara. n.d. “The Modern Language Journal - 2021 - SUZUKI - The Relationship Between Utterance and Perceived Fluency A Meta‐Analysis of.Pdf.”

Published
2022-12-25
Abstract viewed = 441 times
pdf downloaded = 262 times