Penerapan PAUD Holistik Integratif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Permata Ibu

  • Sanah Rosmawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Laily Rosidah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ratu Amalia Hayani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada penerapan program PAUD HI di TK Permata Ibu, dengan memfokuskan bagaimana guru menerapkan PAUD HI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara khusus dengan diterapkannya PAUD HI di TK Permata Ibu. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang kepala sekolah dan 2 orang guru kelompok B di TK Permata Ibu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah menunjukan bahwa dengan adanya penerapan PAUD HI di TK Permata Ibu anak mendapatkan pelayanan kebutuhan esensial nya dengan cukup baik dengan memenuhi unsur dari Holistik Integratif yaitu pendidikan, kesehatan, gizi, dan perawatan, pengasuhan, perlindungan, dan kesejahteraan.

Keywords: PAUD, Holistik Integratif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R., & Simatupang, N. D. (2022). Penyelenggaraan Program Paud Holistik Integratif Layanan Pendidikan Era Pandemi Covid-19 Di Tk Insan Cendekia. Jurnal PAUD Teratai, 11(1), 19–26.

Atin Anita Prihatini, Cucu Atikah, L. A. (2021). No Title. Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(Hubungan Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Dengan Pelayanan PAUD Holistik Integratif), 218.

Chandra Asri Windarsih, Agus Sumitra, Dedah Jumiatin, D. S. E. (2020). No Title. Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(Penerapan Program Holistik Integratif Dalam Mengembangkan Kecerdasan Inttrapersonal Anak Usia Dini), 3.

Dema Yulianto, Anik Lestariningrum, H. B. U. (2016). No Title. Pendidikan Usia Dini, 10(Analisis Pembelajaran Holistik Integratif Pada Anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Grogol Kabupaten Kediri), 279.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2015). No Title. In Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif Di Satuan PAUD (pp. 10–13).

Eni Sugian, Fahruddin, A. H. W. (2021). No Title. Ilmiah Mandala Education, 7(Implementasi Program Pengembangan PAUD “Holistik Integratif” DI paud LSM Ampenan Kota Mataram), 678.

Ghina Salamatu Sadiah, Nur Fauziah Romadhona, A. D. G. (2020). No Title. Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 17(Penerapan Layanan Kesehatan Dan Gizi Dalam Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif Di TK Alam Pelopor Rancaekek), 54–61.

I Nyoman Suarta, D. I. R. (2018). No Title. Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini), 39.

Mega Adyna Movitaria, Netriwinsa, Y. (2022). No Title. Inovasi Penelitian, 8(Evaluasi Program Pendidikan PAUD Holistik Integratif Dengan Model CIPP Di Nagari Pandam Gadang Kesamatan Gunung Omeh), 2350.

Meilahasfi Widyastiti. (2018). No Title. Kebijakan Pendidikan, 7(Partisipasi Orang Tua Dalam Pengembangan PAUD Holistik Integratif Di TK Negeri Semin), 246.

Penyelenggaraan, P. T. (2015). Paud holistik integratif di satuan paud.

Pratiwi, N. I. (2017). No Title. Ilmiah Dinamika Sosial, 1(Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi), 215–216.

Risalatul Amalia, N. D. S. (2022). No Title. PAUD Teratai, 11(Penyelenggaraan Program PAUD Holistik Integratif Layanan Pendidikan Era Pandemi Covid-19 Di TK Insan Cendekia), 24.

Rupnidah, Yaswinda, M. A. M. (2022). No Title. Inovasi Penelitian, 2(Evaluasi Pelaksanaan Program Holistik Integratif di TK Al-Hufffazh Payakumbuh), 2375.

suherman, L. A. (2020). No Title. Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(Penerapan Program Parenting PAUD Holistik Integratif (HI) Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Dan Perlindungan Anak Usia Dini), 193.

Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

usnawati. (2016). No Title. VII, 131–135.

Yulianto, D., Lestariningrum, A., & Utomo, H. B. (n.d.). No Title.

Zainuddin, Z., & Sulaiman W., S. W. (2022). Pola Dasar Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Mewujudkan Anak Sholeh Perspektif Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 329. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1780

Published
2022-12-25
Abstract viewed = 726 times
pdf downloaded = 330 times