Analisis Teknik Webbing untuk Meningkatkan Creative Problem Solving Mahasiswa Pendidik Guru PAUD Menggunakan Kurikulum Merdeka
Abstract
Penelitian ini didasari dari kerangka pembelajaran paradigma kurikulum baru di PAUD yang menuntut pendidik harus lebih kreatif dalam merencanakan dan mengimplementasikan kurikulum merdeka. Kurikulum yang lebih memerdekakan tema pembelajaran kedalam topik kegiatan pengajaran menjadi suatu masalah bila pendidik tidak dapat mengembangkannya. Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka melalui teknik webbing untuk meningkatkan creative problem solving mahasiswa pendidik guru PAUD dalam mengembangkan tema melalui teknik webbing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis metode deskriptif survei. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan tema melalui teknik webbing dengan tahapan memilih topik sebagai tema, brainstorming tentang tema, mencari literature, mengembangkan tema besar menjadi tema kecil, menyusun konsep pengetahuan, menentukan puncak tema.
Downloads
References
Depdiknas, B. S. N. (2006). Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional, 021, 9–27.
Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Pengembangan Tema Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Teknik Komputer, 2(1), 59–67.
Kemendikbud. (2015). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Anak Usia Dini Pendidikan. 021, 1–34. https://drive.google.com/file/d/0B-1xIqIGe4j8c0hIYU9pcmM1YVk/view
Kemendikbud. (2019). Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. 021, 6–7.
Maryatun, I. B. (2013). Pengembangan tema pembelajaran untuk taman kanak-kanak. 41–47.
Matondang, M. (n.d.). Penerapan Metode Brainstorming Dalam Perancangan Produk Pochade. https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1071
Nurani Sujiono, Y., & Dasar, K. (2013). Edisi Revisi Cetakan Ke VIII Pendidikan Anak Usia Dini.
Nurlaili. (2018). Diktat evaluasi pembelajaran AUD. UIN Sumatera Utara.
Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., Anak, P., Dini, U., & Informal, D. A. N. (2014). Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini. 021, 1–34. https://drive.google.com/file/d/0B-1xIqIGe4j8c0hIYU9pcmM1YVk/view
Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublisph.
Sakinah Mawadah R. (2017). Literatur Untuk Literasi Anak Sejak Dini : Studi Kasus Penerbit Rabbit Hole.
Sri Utami. (2012). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Tematik Dalam Upaya pembinaan Sikap Cinta Tanah Air. .
Studi, B. T., Penulis, P., & Desain Grafis, T. (2021). Modul Belajar Mandiri Calon Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. . Penerbit CV. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Alfabeta.
Suminah, E. dkk. (2015). Kurikulum Pendidikan PAUD: Apa, Mengapa dan Bagaimana. 021.
Zuhri. (2018). Sketsa-Penilaian-Siswa-Converted. PKBM Harapan Bangsa.
Copyright (c) 2022 Melia, Didik Suryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.