Pengaruh Media Pembelajaran Card Sort Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Anak

  • Yenti Juniarti Universitas Negeri Gorontalo
  • Ketut Mindi Universitas Negeri Gorontalo
  • Setiyo Utoyo Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Pengaruh Media Pembelajaran Card Sort Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Anak Kelompok B di Tk Pembina Agropolitan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh media  pembelajaran card sort  terhadap kemampuan literasi  membaca anak kelompok B di Tk Pembina Agropolitan. Metode pada penelitian ini mengunakan kuantitatif eksperimen pre-experimental ( one-group pre test-post test disaign). Adapun hasil penelitian dengan jumlah sampel yaitu 16 anak menunjukan adanya perubahan yang signifikan dilihat dari data pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat dari data pretest dengan memperoleh nilai rata-rata 12,62 dan standar deviasi 1,1543. Sedangkan pada pada posttest memperoleh nilai rata-rata 36,62 dan standar deviasi 1,927 Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan sebelum dan sesudah di berikan perlakuan. Berdasarkan output test statistics, di ketahui sig-n (2 tailed) bernilai 0,000. Oleh karna itu 0,000  0,05 maka hipotesis diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran card sort terhadap kemampuan literasi membaca anak kelompok B di Tk Pembina Agropolita.

Keywords: Card Sort, Literacy, Childhood

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulinda F.I. (2020). Menambahkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Diera Digital : 89 jurnal “Jurnal pemikiran Dan Penelitian Anak Usia dini Vol 6 Nomor.2

Anna, Wahyuni Arifin (2019)” Peran Guru Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Anak” Jambura Early Childhood Education Journal Vol.1. No.1

Ekawati, Dian, dkk “Metode Mendongeng Dan Pengembangan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini : Studi Kasus Pada Paud Bunda HarJa, Jatinangor, Jawa Barat ”.The Ist International Conference On Language Literature And Teaching Hal 576

Ganil, dkk (2019) “Identifikasi Kesadaran Diri Pada Anak Di Tk Negeri Pembina Puhuwato” Jambura Early Childhood Education Journal Volume 1 nomor 1.

Herlina, Silvia Emmi (2019) “Membaca Pemula Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0”.jurnal Pionir LPM Universitas Asahan Vol 5, No 4

Ibrahim kyai SD, 2020 “Goresan Emas Pahlawan Sejati”. Malang: CV: Multimedia

Ningrum, dkk. (2019) “Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi” Indonesia Values And Character Education Jurnal Vol. 2 No. 2.

PERMEN 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Wijaya, m. A. (2021). Pengaruh Literasi Digital Pada Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Berfikir KritisSiswa (Survey Pada Pelajaran Ekonomi materi ketenagakerjaan kelas xi ips di SMA 2 lembang) (doctoral dissertation, fkip unpas)

Published
2022-12-11
Abstract viewed = 342 times
pdf downloaded = 354 times

Most read articles by the same author(s)