Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Memancing Bola Angka

Penelitian Tindakan pada Kelompok A RA Bani Utsman Jl. Syek Karibullah Blok Pasir Bunut Desa Darma Tahun Ajaran 2013/2014

  • Nika Cahyati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui media memancing bola angka di RA Bani Utsman Desa Darma Kecamatan Darma Kabupataen Kuningan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah dan guru kelas. Dengan melibatkan anak RA sebanyak 23 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan tes, kemudian data dianalisis dengan metode deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak melalui media memancing bola angka, yaitu kemampuan kognitif pra tindakan sebesar 31,88%, peningkatan kemampuan kognitif siklus I sebesar 50,72%, peningkatan kemampuan kognitif siklus II sebesar 68,11% dan peningkatan kemampuan kognitif siklus III sebesar 86,96%. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui media memancing bola angka juga didukung oleh beberapa indikator yaitu membilang sampai 20 (mengenal konsep bilangan dengan gambar dan benda), membuat urutan bilangan 1-20 dengan gambar benda dan menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan gambar dan benda sampai 20. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media memancing bola angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak

Keywords: Mengenal Angka, Memancing Bola Angka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib Zaenal., at al . (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
Azhar Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arif S. Sadiman, R. Rahardjo, Anung Haryono,dan Rahardjito. (2006). Media
Pendidikan: Pengertian, Pengembangan,dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Fitriyani. (2015). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1–10 Dengan Media Gambar Asosiatif Di Kelompok B Tk Budi Rahayu. Jurnal Pendidikan. Vol.6,1-9.
Issabela Hasiana, Aniek Wirastania. (2017). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Kartu Angka Pada Taman Kanak Kanak Kelompok A. Jurnal Wahana. Vol 69, 61-66.
Mayke Tedjasaputra. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta : Grasindo
Novia Widyandari. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Flip Chart Pada Anak Kelompok A1 Tk Kemala Bhayangkari 91 Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidkan Guru Pendidik Anak Usia Dini. Vol.3, 1-14.
Sofia Hartati. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Pujiastutik dan Setyowati. (2010). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Menggunakan Media Kartu Batang Angka di KB Puspa Hati Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto. Program Studi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Skripsi.
Published
2018-06-30
Abstract viewed = 1793 times
pdf downloaded = 1902 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>