Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri dan Klasifikasi Pada Anak

  • Dita Primashanti Koesmadi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Modern Ngawi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh constructive play terhadap kemampuan pengenalan  geometri anak usia 4-5 tahun, dan (2) pengaruh constructive play terhadap kemampuan pengenalan  klasifikasi anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini semua kelompok A TK/RA di Desa Tambakromo Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok A TK Alam Ceria dan kelompok A TK Negeri Pembina. Teknik pengambilan sample penelitian menggunakan stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Analisis data dengan menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kegiatan constructive  play terhadap kemampuan pengenalan geometri pada anak usia 4-5 tahun, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-test kelompok kontrol sebesar -1,822 ≤ t tabel sebesar 1,740, pada kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar -19,647 ≤ t tabel sebesar 1,746, dan pada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -13,531 ≤ t tabel sebesar1,697, (2) terdapat  pengaruh kegiatan constructive  play terhadap kemampuan pengenalan klasifikasi pada anak usia 4-5 tahun, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-test kelompok kontrol sebesar -2,529 ≤ t tabel sebesar 1,740, pada kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar -11,172 ≤ t tabel sebesar 1,746, dan pada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -13,089 ≤ t tabel sebesar1,697.

Keywords: Constructive play, Geometri, Klasifikasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, T. (2013). Permainan kreatif & edukatif untuk anak usia dini. Yogyakarta: Andi Offset.
Astriya, B.R.I. (2015). Pengembangan kreativitas dan minat belajar anak usia 3-4 tahun melalui permainan konstruktif. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2 (2), 131-144.
Biddle. K. A. G, Nevarezz. A. G, Henderson. W. J. R, Kerrick. S. A. V. (2014). Early childhood education. America : SAGE Publications.
Burman, A. (2012). Constructive play in early learning environments. Expert Corner Article, 1, 1-2.
Education Commission. (2013). Math in the early years. The Progress of Education Reform, 14, 1-7.
Gardner, H. (2011). Frames of mind: the theory of multiple intellegences. New York: Basic Book.
Hughes, F. P. (2010). Children, play, and development. USA: SAGE Publications.
Jackman, H. L. (2012). Early education curiculum : a child’s connection to the world, fifth edition international edition. China : Wadsworth Cengage Learning.
Levine, J. (2012). 365 Toddler activities that inspire creativity. USA: F+W Media.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sarama, J & Clements, D.H. (2009). Building blocks and cognitive building blocks playing to know the world mathematically. American Journal of Play. 1, 313-337.
Smith, S. S. (2009). Early childhood mathematics. USA:Pearson.
Suyanto, S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Depdiknas
Published
2018-06-30
Abstract viewed = 43 times
pdf downloaded = 78 times