Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Lagu

  • Irfan Fajrul Falah STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Bahasa Inggris merupakan suatu kebutuhan dalam kehidupan yang serba teknologi seperti sekarang ini. Oleh karena itu memperkenalkan bahasa Inggris harus dimulai sedini mungkin agar kesempatan yang dimiliki khususnya oleh anak akan semakin besar dalam menguasai bahasa Inggris tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru TK atau PAUD adalah dengan memperkenalkan bahasa Inggris terutama kosakata melalui lagu. Selain sebagai media lagu juga menjadi salah satu alternative yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Dari hasil penelitian yang didapat, lagu memliki tingkat efektifitas yang tinggi yang dapat dipakai dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak.

Keywords: bahasa, kosakata, lagu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brewster, J., Ellis, G., Girard, D. (2003). The Primary English Teachr’s Guide. England: Penguin English.

Brown, H. D. (2000). Teaching by Principles: Teaching Language to Young Learners. Cambridge.

Millington, NT. (2011). “Using Song Effectively to Teach English to Young Learner” Language Education In Asia, Vol 2 Issue 1 page 134-141

Pulukadang, WT & Laiya, SW. (2010). “Meningkatkan Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Gerak dan Lagu Pada Anak Kelompok B di TK Pembina Kecamatan Kota Selatan Gorontalo”

Shen, C. (2009). Using English songs: An enjoyable and effective approach to ELT” English Language Teaching, Vol 2 Issue 1, 88-94.

Sophya IV. (2013). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini” STAIN Kudus Vol I No I Juli-Desember 2013.

Suyatno, K. (2010). English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara

Tarigan, H G. (2012). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angakasa.
Published
2017-06-30
Abstract viewed = 556 times
PDF downloaded = 2032 times