Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Anak Usia 4-5 Tahun

  • Erna Juherna STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Nurul Primawistri Kelompok Bermain Al-Hikmah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik di Kelompok Bermain Al-Hikmah Desa Bakom, semester II tahun pelajaran 2015/2016. Adapun jumlah anak didik di Kelompok Bermain Al-Hikmah Desa Bakom berjumlah 14 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antar penelitian, pihak sekolah dan orang tua anak. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi. Keabsahan data diperiksa dengan menggunakan perhitungan statistik. Hasil penelitian uji t diperoleh thitung? ttabel yaitu 0,696 ? 2,179 artinya signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi anak usia 4-5 Tahun di Kelompok Bermain Al-Hikmah Desa Bakom Kecamatan Darma. Adapun pengaruh dari penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi anak adalah 57,5% dan 42,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords: Penggunaan Gadget, Perkembangan Psikologi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ma’ruf. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Anggara, Toha. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ayah Edy. (2008). Mendidik Anak Zaman Sekarang Ternyata Mudah Lho. Jakarta: Tangga Pustaka.

http://digilib.uin-suka.ac.id/11695/1/BAB I, V, Daftar Pustaka.pdf.

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=337259&val=5161&title=Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015.

http://eprints.upnjatim.ac.id/5580/1/file1.pdf.

Fatimah, Enung. (2008). PsikologiPerkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.

Hildayani, Rini. (2005). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

https://id.wikipedia.org/ diakses 20/01/2016. 13:39.

Khodijah, Nyayu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nugraha, Ali dan Yeni. (2006). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyadi, Seto. (2004). Membantu Anak Balita Mengelola Amarahnya. Jakarta: Erlangga

Murtie, Afin. (2015). Liburan Menyenangkan Tanpa TV & Internet. Klaten: Cable Book.

Parenting Indonesia. (2013). Raising The Next Genius Part 2 Membesarkan Anak Cerdas di Era Digital. Jakarta: PT. Dinamika Media Internasional.

Prasetyo Bambang dan Lina. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Priyatna, Andri. (2010). Parenting Untuk Orang Tua Sibuk. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Santosa, Elizabeth T. (2015). Raising Children In Digital Era. Jakarta: PT. Gramedia.

Subana & Sudrajat. (2005). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.

. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susetyo, Budi. (2010). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Suyanto, Slamet. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syakir, Septian el. (2014). Islamic Hypnoparenting. Jakarta: Kawan Pustaka.

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Published
2017-06-30
Abstract viewed = 1794 times
PDF downloaded = 1428 times