Pengaruh Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Sholat Anak Usia Dini

  • Ajeng Rahayu Tresna Dewi STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Puji Astuti STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Eva Gustiana STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat non-intelektual. Peranannya yang khas dalam penumbuh gairah, merasa senang dan semangat belajar. Anak yang memiliki motivasi kuat, akan mempunyai banyak energi untuk melakukan kegitan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi motivasi belajar sholat anak usia dini sebelum dan sesudah menggunakan video animasi dan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh video animasi terhadap motivasi belajar sholat anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasy eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di RA PUI Ciwedus 1 yang berjumlah 27 siswa dengan teknik total sampling,  teknik penggumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang digunakan untuk memperoleh informasi pengaruh video animasi terhadap motivasi belajar sholat anak usia dini. Berdasarkan perhitungan statistik uji hipotesis dalam penelitian ini adanya pengaruh vidoe animasi terhadap motivasi belajar sholat anak usia dini

Keywords: Video Animasi, Motivasi Belajar, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Dian. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Video Smart Hafiz Terhadap Keterampilan Bicara Anak. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. STKIP Muhammadiyah Kuningan

Arikunto, Suharsimi. (2015). Prosedur penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2015). Peranan Media dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Guslinda & Kurnia, Rita. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Hadi, Sutrisno. (2015). Statistik untuk Penelitian. Jakarta : Pustaka Setia

Hasanah, Ainul. (2018). Mengajarkan Sholat pada Anak Melalui Metode Demonstrasi, Tanya Jawab, dan Pembiasaan. Instika Madura. Vol. 2 (1)

Hidayati, Erna. (2012). Peningkatan Kemampuan Sholat Anak Usia Dini Melalui Metode Modelling Di Kelompok A TK Aisyiyah BA. Bendo Nogosari. Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Irawan, Desi Cahyani, dkk. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksa Bekasi. Vol. 9 (2).

Jarjis, Muhammad, dkk. (2018). Aplikasi Pengenalan Sholat Sunnah Untuk Anak-Anak Berbasis Augment Reality. Universitas Telkom Bandung. Vol. 4 (2).

Kustiawan, Usep. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.

Rohani. (2015). Peranan Media dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Rohani. (2015). Peranan Media dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Rosyid, Abdul. (2019). Step by step Praktikum SPSS. Kuningan

Sardiman, A.M. (2016). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudarmiyah. (2014). Upaya Penengkatan Motivasi Belajar Shalat Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelompok B RAM NU Ngadiharjo 2 Kec. Borobudur Kab. Magelang. Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sugiyono. (2016). Statistik untuk Penelitian. Bandung : Alfhabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Susanti, Wahdanian Devi. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Anak Melalui Token Ekonomi Kelompok B TK ABA Dukuh Gedongkiwo Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negri Yogyakarta.

Wiranti, Ika Wahyu. (2015). Pengaruh Film Animasi Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak TK. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta.

Vuspa, Licia Sin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Patra Mandiri Plaju Palembang. Program Studi Pendidikan Agama Islam. UIN Raden Fatah Palembang.

Published
2022-12-29
Abstract viewed = 566 times
pdf downloaded = 308 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>