Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sains Anak

  • Yenti Juniarti STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan Mengenal warna dengan menggunakan metode eksperimen di TK Aisiyah Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan selama 2 siklus dan setiap siklus tiga kali pertemuan, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan
refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 10 orang anak, 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang terdiri dari observasi aktivitas anak dan observasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran sains dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara t-test dan persentase. Berdasarkan hasil analisis aktivitas anak, hasil perhitungan uji signifikansi menunjukkan bahwa thit= 4,59 > ttab (1%=3,25 & 5%=2,26 ) dan skor hasil belajar anak berdasarkan uji signifikansi menunjukkan bahwa thit= 3,42 > ttab (1%=3,25 & 5%=2,26 ). Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia dini di TK Aisiyah Kuningan.

Keywords: Metode Eksperimen, Warna, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: Diknas
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Nasution. (2000). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nugraha, Ali. (2005). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini Jakarta: Depdiknas
Purwanto. (2005). Tujuan Pendidikan dan Hasil Belajar. Jakarta: Jurnal Teknodik,Vol IX No. 3 Juni. 2005 : 177 – 185
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sardiman, AM. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Yamin, Martinis, & Jamilah Sabri Sanan. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada
Published
2017-06-30
Abstract viewed = 575 times
PDF downloaded = 442 times