Pengaruh Pengawasan (Controlling) Orang Tua Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak

  • Sri Yayat Haryati STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Jati Rinarki Atmaja STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh pengawasan (controlling) orang tua terhadap kecerdasan emosional anak. jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan disain nonequivalent control design. populasi penelitian yaitu orang tua anak, menggunakan teknik purposive sampling diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu kelompok B1 (kelas eksperimen) dan kelompok B2 (kelas kontrol). Instrument yang digunakan berupa angket. Hasil analisis angket pengaruh pengawasan (controlling) orang tua serta data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan data yang diperoleh ttabel  = 2,101, thitung  = 0,116 dengan kriteria pengujian terima H0 jika -ttabel< thitung< ttabel dan tolak H0 jika –thitung < -ttabel dan thitung  ttabel dengan derajat kebebasan d(k) =  pada taraf signifikan maka  H0 diterima, karena -ttabel< thitung< ttabel sesuai dengan hasil perhitungan bahwa -2,101 < 0,116 < 2,101. Maka pengawasan (controlling) orang tua tidak dapat mempengaruhi kecerdasan emosional anak.

 

Keywords: Pengawasan (Controlling) Orang Tua, Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Goleman, Daniel. Emotional Intelligence (Kecerdasan emosional) : Mengapa EI lebih penting daripada IQ.(Jakarta :Gramedia Pustaka Utama.2001)

Novaria A.I & Triton PB. (2011). Cara Mendampingi Anak : Upaya Membantu Orang Tua Membimbing Anak Ke masa Depan Cerah Sejak Dini. Jakarta: Oryza.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabaeta.

Fagbeminiyi, F.F. (2011). The role parents in early childhood education: a case study of ikeja, lagos state, nigeria. Global. Journal of Human Social Science: Covenant University, Ota, Ogun State. 11 (2): 1-11.

Xanthacou, Y., Babalis, T., & Stavrou, N.A. (2013). The pole of parental involvement in classroom life in greek primary and secondary education. Journal Psychology Scientific Research. 4 (2): 118-123.
Published
2017-12-30
Abstract viewed = 574 times
PDF downloaded = 240 times