Persepsi Pola Pengasuhan Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja: Studi Kasus di Gondokusuman Kota Yogyakarta

  • Ade Putra Hayat Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Abstract

Pola pengasuhan ibu memegang peran krusial dalam membentuk karakter dan mental anak. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah persepsi ibu yang berstatus kerja dan tidak bekerja dalam melakukan tugas kepengasuhan, dan faktor apa yang melatari keputusan ibu dalam memilih pola pengasuhan. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.  Hasil penelitian menunjukkan para orang tua seringkali keliru dalam menentukan skala prioritas antara pekerjaan dan mengasuh anak, sehingga berdampak bagi perkembangan kognitif dan afektif anak. Kekeliruan dalam menentukan skala prioritas disebabkan komunikasi yang kurang intens antara suami dan istri, serta pihak keluarga. Selain itu, pembagian tugas domestik yang timpang juga menjadi kendala dalam proses pengasuhan anak. Ibu yang bekerja seringkali harus menanggung beban ganda, sedangkan ibu yang tidak bekerja mendapatkan objektivasi yang berlebihan. Dengan kata lain, pola pengasuhan anak dapat merepresentasikan tingkat kesetaraan gender dalam rumah tangga.

Keywords: pola pengasuhan, ibu bekerja, ibu tidak bekerja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshari, M. Hanafi. (1996). Kamus Psikologi. Surabaya: Usaha Nasional.

Asrori, Mohammad. (2009). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Erikson, Erik H. (2010). Childhood and Society. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gea, Antonius Atosökhi. (2014). Integritas Personal dan Kepemimpinan Etis. Jurnal Humaniora, 5 (2).

Gandadipura, Mulyono., dkk. (1985). Emansipasi dan Peran Ganda Wanita Indonesia: Suatu Tinjauan Psikologis, Cet. Ke-2, Jakarta: Universitas Indonesia UI-Press.

Gina, Fathana, and Yulia Fitriani. (2022). “Stress Pengasuhan Pada Ibu Bekerja Ditinjau Dari Regulasi Emosi.” Jurnal Kajian Ilmiah 22(1).

Ismiatun, Asih Nur, and Yoyon Suryono. (2019). “PENGARUH PENGASUHAN IBU YANG BEKERJA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KABUPATEN PURBALINGGA.” Al-Abyadh 2(2).

Marini, Liza & Andriani, Elvi. (2005). Perbedaan Asertifitas Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua, Jurnal Psikologia. 1(2).

Merriam, S. (2009). Qualitative Research: A guide to design and implementation. San Fransisco: Jossey-Bass.

Muchtar, Kamal. (1993). Asas-Asas Hukum dalam Perkawinan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Meichati, Siti. (1987). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Rosdakarya.

Muallifah. (2009). Psychologi Islamic Smart Parenting. Yogyakarta: Diva Press.

Putrihapsari, Raras Fauziah, Puji Yanti. (2020). “MANAJEMEN PENGASUHAN ANAK USIA DINI PADA IBU YANG BEKERJA: SEBUAH STUDI LITERATUR.” VISI: Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal 15(2).

Qibtiyah, Alimatul. (2016). “Pedagogi Kesetaraan Dalam Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat: Refleksi Diri Sebagai Feminis Muslim Di Aisyiyah.” Jurnal Perempuan 21(3).

Rahmat, Jalaluddin. (2004). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Reber, Arthur S. (1985). Dictionary of Pshycology. London: Pinguin Book.

Sabiq, Sayyid. 1996. Fiqih Sunnah. Bandung: Al-Ma’arif.

Sari, Meinita Fitriana, and Budi Andayani. 2021. “Efektivitas Pengasuhan Positif Untuk Menurunkan Stres Pengasuhan Ibu Bekerja Dengan Anak Usia Prasekolah.” Gadjah Mada Journal of Professional Psychology 7(2).

Sudarno. (1991). Pola Asuh Orang Tua dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Sikap. Majalah Semesta, edisi 07/Th XVIII/Oktober.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, cet. Ke-20, Bandung: Alfabeta.

Sobur, Alex. (1991). Komunikasi Orang Tua Dan Anak. Bandung: Angkasa.

Voni Ramadhani Santoso, Zulkarnain Nasution, Endang Sri Redjeki. (2017). “POLA PENGASUHAN IBU BEKERJA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI.” Jurnal Pendidikan Nonformal 12(2).

Wahyuning. (2003). Menkomunikasikan Moral Kepada Anak. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Walgito, Bimo. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Published
2022-06-28
Abstract viewed = 51 times
pdf downloaded = 32 times