Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris

  • Anggia Ayu Lestari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Erik Erik STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kosakata bahasa inggris dan sejauh mana pengingkatan kosakata bahasa inggris menggunakan metode bernyanyi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi kelompok B RA Nurul Ilmi Sampora dengan dua kelas sampel. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling, kelompok B.1 sebagai kelas kontrol dan kelompok B.2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24. Semester II tahun pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 48 siswa Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan (uji t). Berdasarkan hasil statistik diperoleh thit > ttab maka Ho ditolak pada taraf signifikan 0,05. Karena 2,68 > 1,68 maka data kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak sama baiknya. Kesimpulannya bahwa kelas ekperimen lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol pada pembelajaran peningkatan kosakata Bahasa Inggris di Kelompok B RA Nurul Ilmi Sampora, maka terdapat pengaruh metode bernyanyi terhadap hasil
belajar dalam peningkatan kosakata Bahasa Inggris.

Keywords: Metode Bernyanyi, Hasil Belajar, Bahasa Inggris

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, Hidayat.(2015), Aktivitas Mengajar anak TK/RA dan PAUD, Bandung: Arfino Raya

Arikunto, Suharsimi.(2010), Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Chaer. (2009), Psikolinguistik, Jakarta: Rineka Cipta

Fadlillah. (2014), Desain Pembelajaran PAUD, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hardhika Wisnu Arifin, Upaya Meningkatkan Kemampuan MengingatUrutan Kata Melalui Metode Bernyanyi pada Siswa Kelas B TK Baiturrahman Karangasem, Laweyan Surakarta. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. http://melyloelhabox.blogspot.co.id/2013/05/gerak-anak-usia-dini.html. diunduh tanggal 13 Feb 2017 15:43

Madyawati. (2016), Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Marliana, Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa menggunakan Metode Bernyanyi pada Siswa Kelompok B TK Alhikmah Cigadung. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini.

Meity, (2015), Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan, Jakarta: Luxima Metro Media.

Sri Widayati, Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Ibu Melalui Penerapan Metode Bernyanyi pada Anak Kelompok A TK 17 Agustus Gedeg Mojokerto.

Sugiyono,(2015), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sujarweni, Wiratna. (2014), Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru.

Susanto, Ahmad. (2011), Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wiyani, Barnawi. (2014), Format PAUD, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yusuf, Syamsu.(2011), Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Rosda
Published
2017-12-30
Abstract viewed = 2438 times
PDF downloaded = 1267 times