Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Kurnia Putra
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh aktivitas bernyanyi terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Kurnia Putra Sirnoboyo Benjeng Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen PreExperimental dengan jenis penelitian one group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuhyaitu 16 anak yang berada di kelompok A. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes lisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui uji statistik deskriptif terjadi peningkatan skror yang diperoleh anak saat pretest dan posttest. Ketika dilakukan pretest anak berada dalam kategori BB dan MB. Namun setelah diberikn perlakuan skor anak meningkat dan berada dalam kategori BSB. Dari uji wilcoxon diperoleh hasil nilai Asymp (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,05 yang artinya aktivitas bernyanyi dapat berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan bahasa sehingga meningkatkan penguasaan kosakata yang dimiliki anak di TK Kurnia Putra Sirnoboyo Benjeng Gresik.
Downloads
References
Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Education Research Methodology. Jurnal Al-Hikmah Way Kanan, 1(1), 1–5. http://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/16/13
Elihami, E., & Ekawati, E. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 16–31. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/379
Fauziddin, M. (2014). Bermain, Bercerita, dan Menyanyi Secara Islami. Remaja Rosdakarya.
Gorys Kraf. (1991). Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia. PT Grasindo.
Hashilah, Y. (2019). Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Di Kelompok B Di Tk Khazanah Kid’S School Kota Sepang Raya Bandar Lampung [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. In . https://core.ac.uk/download/pdf/295430752.pdf
Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan Anak Jilid 1 (A. Dharma (ed.); 6th ed.). Erlangga.
Indah, R. N. (2017). Gangguan Berbahasa Kajian Pengantar. In Wardah (III, Vol. 15, Issue 1). UIN Maliki Press. file:///C:/Users/icha/Downloads/1296.pdf
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Al-Athfal, 2(2), 62–69. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/140
Joni. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Perkembangan Kosa Kata Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(1), 9–15. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i1.2
Musbikin, I. (2007). Mendidik Anak Kreatif Ala Eisastein. PT Mitra Pustaka.
Ni’mah, K. (2017). Penggunaan Teknik Bernyanyi Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, Dan Humaniora, 4(2), 173–187. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/darelilmi/article/view/3239
Pratama, S. (2019). Analisa Pengaruh Sumberdaya Manusia, Prasarana dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Studi Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jurnal Manajemen Tools, 11(1), 235–249. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/516/488
Ridwan, & Bangsawan, I. (2021). Seni Bercerita, Bermain dan Bernyanyi (Anhar (ed.); 2nd ed.). Anugerah Pratama Press. http://repository.uinjambi.ac.id/7400/
Rosmiyati. (2017). Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini (3-4 Tahun) Melalui Metode Bercerita Di Paud Khadijah Sukarame Bandar Lampung [Insitut Agama Islam Negeri IAIN Raden Intan]. http://repository.radenintan.ac.id/834/
Soetjiningsih. (2008). Tumbuh Kembang Anak. EGC.
Suasthi, I. G. A. (2020). Membangun Karakter “Genius” Anak Usia Dini Melalui Gerakan Lagu Kids Berbasis Tri Hita Karana ( da B. P. E. Suadnyana (ed.); 1st ed.). UNHI Press. http://repo.unhi.ac.id/bitstream/123456789/1324/1/7. Buku Genius Anak Usia Dini.pdf
Sujarweni, W. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Pustaka Baru Press.
Sumaryanti, L. (2017). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 72–89. http://journal.umpo.ac.id/index.php/muaddib/article/view/552
Suyadi. (2014). Teori Perkembangan Anak Usia Dini. Rosdakarya.
Usman, M. (2015). Perkembangan Bahasa Dalam Bermain dan Permainan (1st ed.). CV Budi Utama. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=jLyYDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=info:gKvYW3xjSNkJ:scholar.google.com/&ots=nDDzWdo7cX&sig=ICFfFPgbjtDeljsMkFaqtWE3cZc&redir_esc=y#v=onepage&q&f=true
Utami, R., Djudin, T., & Arsyid, S. B. (2014). Remediasi Miskonsepsi Pada Fluida Statis Melalui Model Pembelajaran TGT Berbantuan Mind Mapping Di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(12), 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8181
Wati, N. S. (2018). Pengaruh Stimulasi Mendengarkan Lagu Dan Bernyayi Terhadap Perkembangan Berbahasa Pada Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 75–83. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1081
Webster. (2003). The new international Webster’s Comprehensive Dictionary of the English language. Trident Press international.
Copyright (c) 2022 Sefy Amaliatus Sholichah, Nurhenti Dorlina Simatupang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.