Perilaku Antisosial Anak dimasa Pembelajaran New Normal Usia 5-6 Tahun

  • Zahro Nafi'ah STKIP Modern Ngawi
  • Narendradewi Kusumastuti STKIP Modern Ngawi
  • Nur Dwi Sukmono STKIP Modern Ngawi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggamati perilaku antisosial di masa pembelajaran new normal usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Setting penelitian di laksanakan di TK Dharma Wanita Macanan 1 Desa Macanan Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 1 murid di kumpulkan melalui instrumen dalam penggunaan pedoman wawancara berisi kisi-kisi pertanyaan yang di tujukan kepada guru dan murid yang menjadi sempel, deskripsi serta menarik kesimpulan dari observasi tersebut. Kajian dokumen mengacu pada arsip sekolah yang berhubungan dengan pembelajaran new normal. Pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data model Miles dan Hubermen. Hasil peneliti menunjukkan bahwa perilaku antisosial dalam proses pembelajaran new normal anak tidak mau bermaian dengan teman di halaman sekolah, anak duduk sendiri di ruang kelas dan melihat teman yang sedang asik bermaian di luar ruangan dari candela. Dalam proses pembelajaran new normal anak tersebut sangat rajin, menyelesaikan tugas tepat waktu  dan mengikuti ranggkaian pembelajaran dari awal sampai akir dari guru.

Keywords: perilaku antisosial, pembelajaran new normal, usia 5-6 tahun

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajarita, S., Hayati, F., & Fitriani, F. (2021). Analisis Perilaku Anti Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Al-Washliyah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).

Awaliyan, A. Z. B., & Barida, M. (2021). Upaya Menurunkan Perilaku Antisosial Dengan Pendekatan Client Centered. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 1.

Cerano, E. V., & Cerano, E. V. (2020). The Pattern of Attachment Between Mother and Early Childhood Showing Antisocial Behavior. Antologi UPI EDU, 1–12.

Cerano, E. V., Suzanti, L., & Mashudi, E. A. (2020). Pola Kelekatan Antara Ibu Dengan Anak Usia Dini Yang Menunjukkan Perilaku Antisosial. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). dampak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905–1914.

Kusmarni, Y. (2012). Studi Kasus. UGM Jurnal Edu UGM Press.

Miftah sa’adah, M., & Rakimahwati, R. (2021). Pelaksanaan Stimulasi Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Saat New Normal. Early childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 89–97.

Nunung, S. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Anti Sosial Bagi Penggunaan Media Sosial Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Desa Kendaldoyong Kabupaten Pemalang. Universitas Pancasakti Tegal.

Nuraeni, V. (2020). Strategi Ibu Single ParentDalam Mengatasi Perilaku Anti Sosial Pada Anak Di Dusun Kalikidang Lor Desa Purwareja Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. IAIN.

Rambe, J. N. A., & Nasriah. (2021). Perilaku Anti Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Dan Cara Guru Menangani Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Perdagangan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 142–151.

Tika, R., & Suryana, D. (n.d.). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Pademi Covid-19 Di Era New Normal.

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 159–176.

Wiresti, R. D. (2020). Analisis dampak work from home pada anak usia dini di masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641.

Yulianto, D., Utomo, H. B., & Kurniawati, E. (2020). Regulasi Emosi Secara Kognitif Guru dan Perilaku Antisosial Anak. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1

Published
2022-06-27
Abstract viewed = 36 times
pdf downloaded = 17 times