Efektivitas Video Animasi terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini

  • Putri annisa Universitas Negeri Padang
  • Elise Muryanti Universitas Negeri Padang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai efektifitas video animasi terhadap pengenalan kosakata bahasa inggris untuk anak pada taman kanak-kanan Hangtauh Padang. Bahasa Inggris adalah bahasa komunikasi dunia di era globalisasi ini. Di era ini, anak usia dini pun sudah mulai dikenalkan dengan bahasa Inggris. Namun, permasalahannya saat ini ialah kurangnya kreativitas guru dalam penggunaan media dan teknologi pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini. Pada zaman multimedia ini, banyak media menarik yang bisa dipakai guna mengenalkan kosakata Bahasa Inggris, seperti Video Animasi. Penelitian ini berupa kuantitatif dengan pendekatan Eksperimen Semu (Quasy Eksperymen) yang bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif Video Animasi terhadap pengenalan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia dini. Hasilnya disimpulkan bahwa Video Animasi terbukti efektif untuk mengenalkan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini, kemampuan kosakata bahasa inggris meningkat 85% dari pada sebalumnya.

Keywords: Video Animasi, Kosakata Bahasa Inggris, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3575

Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong Asean Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102–106. http://ispijateng.org/wp-content/uploads/2016/05/PENTINGNYA-KEMAMPUAN-BERBAHASA-INGGRIS-SEBAGAI-DALAM-MENYONGSONG-ASEAN-COMMUNITY-2015_Sri-Handayani.pdf

Hayati, M., & Rahimia, R. F. (2021). Pemanfaatan Youtube Channel Cocomelon Sebagai Media Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 14–26.https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i1.178

Hasibuan, Br., dkk. (2021). Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Menggunakan Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Babussalam. Jurnal Raudhah, Vol. 9 No.1, Januari-Juni 2021.

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Wardah, I(1), 62–69.

Jazuly, A. (2016). Peran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 6(1), 33–40. https://jurnal.makmalpendidikan.net/index.php/JPD/article/view/89

Marlianingsih, N. (2016). Pengenalan Kosa Kata

Bahasa Inggris Melalui Media Audio Visual (Animasi) Pada PAUD. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 133–140.

Mayer, R. E., & Moreno, R. (2002). Animation as an aid to multimedia learning. Educational Psychology Review, 14(1), 87–99. https://doi.org/10.1023/A:1013184611077

Munir. (2015). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Muryanti, E. (2011). Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini.

Muryanti, E., & Herman, Y. (2019). I TRODUCI G E GLISH VOCABULARIES TO CHILDRE BY JOLI-JOLI PLAY. 4(July), 27–33.

Okfia, W., & Jaya, I. (2021). Konstruktivis Teori dalam Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Menggunakan Flashcard di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 163–171.

Pan, L., & Block, D. (2011). English as a “ global language” in China: An investigation into learners’ and teachers’ language beliefs. System, 39(3), 391–402. https://doi.org/10.1016/j.system.2011.07.011

Sadikin, I. S., (2016). USING MULTIMEDIA IN TEACHING VOCABULARY TO YOUNG LEARNERS IN AN EFL CONTRX. Prosiding Seminar Pendidikan Nusantara.

Silfia, L., Rusli, T., & Nasrullah, R. (2018). Teaching Vocabulary To Young Learners By Using Animation Video. MetaCommunication; Journal Of Communication Studies. Vol 3 No 1 March 2018.

Stakanova, E., & Tolstikhina, E. (2014). Different Approaches to Teaching English as a Foreign Language to Young Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 146, 456–460. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.154

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitaif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: ALFABETA, CV.

Suyadi, Ulfah. M., (2013). Konsep Dasar Paud. Bandung: Rosdakarya

Published
2022-06-27
Abstract viewed = 1581 times
pdf downloaded = 984 times