Pengembangan Dadu Hitung Edukatif sebagai Media untuk Menstimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media dadu hitung edukatif yang layak untuk menstimulasi kemampuan berhitung anak usia dini. Desain penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall. Produk diujicobakan kepada anak didik melalui dua tahap uji validasi yaitu uji coba produk kepada 5 anak dan uji coba pemakaian produk kepada 10 anak. Media dadu hitung edukatif dihasilkan dengan langkah-langkah model penelitian dan pengembangan melalui serangkaian uji coba serta uji validasi ahli materi dan ahli media. Simpulan penelitian ini adalah media dadu hitung edukatif dinyatakan layak untuk menstimulasi kemampuan berhitung pada anak usia dini. Hasil uji coba produk dinyatakan layak dengan nilai prosentase 86,66 %, dan hasil uji coba pemakaian dinyatakan layak dengan nilai prosentase 90%.
Downloads
References
Astutik, Y. D., Ridwan, R., & Utomo, H. B. (2020). Peran guru dalam peningkatan kemampuan berhitung 1-10 melalui permainan fruits monopoly pada anak usia dini. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 4(2), 104. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.14330
Butterworth, B. (2005). The development of arithmetical abilities. Journal of Child Psychology and Psychiatry, and Allied Disciplines, 46(1), 3–18. https://doi.org/10.1111/J.1469-7610.2004.00374.X
Blumberg, F. C., Deater-Deckard, K., Calvert, S. L., Flynn, R. M., Green, C. S., Arnold, D., & Brooks, P. J. (2019). Digital games as a context for children’s cognitive development: Research recommendations and policy considerations. Social Policy Report, 32(1), 1–33. https://doi.org/10.1002/SOP2.3
Claessens, A., Duncan, G., & Engel, M. (2009). Kindergarten skills and fifth-grade achievement: Evidence from the ECLS-K. Economics of Education Review, 28(4), 415–427. https://doi.org/10.1016/J.ECONEDUREV.2008.09.003
Duncan, G. J., Dowsett, C. J., Claessens, A., Magnuson, K., Huston, A. C., Klebanov, P., Pagani, L. S., Feinstein, L., Engel, M., Brooks-Gunn, J., Sexton, H., Duckworth, K., & Japel, C. (2007). School readiness and later achievement. Developmental Psychology, 43(6), 1428–1446. https://doi.org/10.1037/0012-1649.43.6.1428
Dwiyanti, L., Khan, R. I., & Kurniawati, E. (2019). Pengembangan permainan smart adventure untuk meningkatkan kesiapan belajar berhitung permulaan anak usia dini. VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 14(1), 59–66. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.6
Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui pembelajaran sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133–140. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V4I1.254
Kemdikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102–119. https://doi.org/10.24235/AWLADY.V4I2.3155
Malapata, E., & Wijayaningsih, L. (2019). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283–293. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V3I1.183
Niklas, F., & Schneider, W. (2013). Home literacy environment and the beginning of reading and spelling. Contemporary Educational Psychology, 38(1), 40–50. https://doi.org/10.1016/J.CEDPSYCH.2012.10.001
Niklas, F., & Schneider, W. (2014). Casting the die before the die is cast: The importance of the home numeracy environment for preschool children. European Journal of Psychology of Education, 29(3), 327–345. https://doi.org/10.1007/S10212-013-0201-6
Nofriyanti, Y., & Meila Sari, H. (2019). Implementation of mathematics learning through media arrange smart dice to improve counting ability in early childhood. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 158–171. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.12
Papadakis, S., Kalogiannakis, M., & Zaranis, N. (2021). Teaching mathematics with mobile devices and the Realistic Mathematical Education (RME) approach in kindergarten. Advances in Mobile Learning Educational Research, 1(1), 5–18. https://doi.org/10.25082/AMLER.2021.01.002
Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan media permainan Mipon’s Daily untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831–839. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V4I2.428
Srimulyanti, S. (2016). Pengembangan puzzle edukatif sebagai media pengenalan angka untuk kelompok A di TK Purbonegaran, Gondokusuman, Yogyakarta. [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. Universitas Negeri Yogyakarta https://eprints.uny.ac.id/42561/
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triharso, A. (2013). Permainan kreatif dan edukatif untuk anak usia dini. Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Utomo, H. (2015). Implementasi permainan penjepit baju untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Efektor, 2(2), 23–25. https://doi.org/10.29407/e.v2i2.83
Zaman, B. (2018). Media dan Sumber Belajar TK. In: Esensi Sumber Belajar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2022 Hanggara Budi Utomo, Ana Febriani, Linda Dwiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.