Impact Of Labelling dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini

  • Melindha Putri Nur Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Intan Mahadewi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nur Rakhma Ardhiani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Katoningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Labelling merupakan tindakan yang bermunculan pada era sekarang ini. Labelling merupakan pemberian julukan kepada seseorang yang memiliki gejala-gejala perilaku tertentu. Penelitian ini dibuat karena semakin banyak tindakan labelling terhadap anak, meskipun tidak sedikit yang memberikan label positif kepada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar orang tua tentang labelling anak dan pengaruh apa yang dapat ditimbulkan dari pemberian labelling kepada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitain ini berupa metode yang bersifat faktual dan akurat serta disusun secara sistematis. Teknik pengumpulan data dalam penelitan kualitatif adalah dengan melakukan observasi, wawancara, serta menyebar kuesioner. Lingkungan merupakan salah satu tempat dimana karakter anak dibentuk. Apabila lingkungan memberikan pengaruh positif kepada anak maka karakter akan terbentuk dengan baik. Pemberian labelling kepada anak baik positif maupun negatif sangat berdampak kepada karakter anak. Karakter yang awalnya dibentuk dengan baik oleh orang tua akan hilang karena adanya pemberian labelling oleh orang sekitar anak.

 

Keywords: labelling, karakter, anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Sukmawati, d. (2020). Pembentukan Karakter Berbasis Keteladanan Guru dan Pembiasaan Murid SIT Al-Biruni Jipang Kota Makassar. Education and Human Development Journal, 91-99.

Adhar, A. I. (Januari 2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini di RA AL Masitoh Tegalgondo Karangploso Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 232-242.

Aprezo, K. d. (2017). Bahaya Label Negatif Terhadap Pembentukan Konsep Diri Anak Dengan Gangguan Belajar. Jurnal Nihdhomul Haq.

Cahyati, D. A. (2018). Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Jurnal Pelita PAUD.

Cahyati, E. N. (2017). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Telaah QS. Luqman Ayat 12-19. Jurnal Pelita PAUD.

Dewi, M. M. (2018). Pengaruh Pembiasaan Disiplin di Lingkungan Keluarga Terhadap Karakter Anak. Jurnal Pelita PAUD.

Fitriani, D. P. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13-19.

Huda, A. L. (Januari 2021). Loving Not Labelling : Dampak Negatif Labelling Terhadap Perkembangan Bakat dan Kreatif Anak. Genta Mulia, 24-40.

Juanda. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 39-54.

Khaironi, M. (Desember 2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 82-89.

Khaironi, M. (Juni 2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 1-12.

Meilanda, A. Y. (2020). Bahaya Labeling Terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak Tunalaras Dengan Tipe Gangguan Perilaku (Conduct Disorder) Dalam Perspektif Konseling Lintas Budaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 1-9.

Na'imah, I. S. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD.

Putra, A. J. (Juni 2020). Pengaruh Labelling Negatif Terhadap Kenakalan Remaja. Jurnal Hukum dan Kemanusiaan .

Rijali, A. (Januari-Juni 2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah.

Rohman, M. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Rabbani. Jurnal Pelita PAUD.

Sri Devi Eka Nugrahaeni, S. P. (2019). Fenomena Labelling dan Self Concept Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Sultan. (2018). Konstruksi Anak Melalui Bahasa Pelabelan (Stereotipe) Di Kalangan Keluarga Dan Masyarakat . Jurnal Studi Gender dan Anak.

Taja, I. d. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur ` An bagi Guru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 68-81.

Wanto, A. H. (November 2017). Strategi Pemerintah Kota Malang Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. Journal of Public Sector Innovations, 39 – 43.

Published
2022-06-26
Abstract viewed = 53 times
pdf downloaded = 30 times