Efektifitas Penggunaan Coachlear Implant dalam Pemerolehan Bahasa Anak Tunarungu Usia 4 Tahun
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah utuk melihat efektifitas Cochlear Implant dalam pemerolehan bahasa anak tunarungu usia 4 tahun. Metode penelitian ini yaitu menggunnakan metode kualitatif deskriftif dengan subjek ppenelitian anak usia 4 Tahun di SKB Taruna Bbhakti sebanyak 2 orang, teknik yang dunakan yaitu menggunnakan observasi. Dari penelitian ini ditemukan,kondisi sample dengan pre-lingual berusia 4 tahun, sehingga sample tidak memiliki perbendaharaan kata atau miskin kosa kata. Untuk itu penggunaan Cochlear Implant (CI) diharapkan mampu membantu sample dalam meningkatkan kemampuan pemerolehan bahasanya. Dalam penelitian ini, penggunaan CI sangat mungkin berhasil karena beberapa indikator. Diantaranya: a). Usia saat ketulian terjadi, yakni sejak dalam kandungan. Telah terdapat deteksi dini diawal kehamilan 16 minggu sehingga orangtua dan anggota keluarga lain bersiap untuk berbagai upaya, sebagai langkah meningkatkan kemampuan pemerolehan bahasanya c). Usia saat dilakukan tindakan operasi, yaitu 3 tahun 5 bulan yang memungkinkan sample mendapatkan stimulus lebih baik karena kondisi saraf yang masih elastis ketika pemasangan CI dilakukan d). Faktor lain berupa penerimaan orangtua, dukungan keluarga, pemahaman orangtua dalam menangani anak tunarungu dan kondisi sosial -ekonomi orangtua.
Downloads
References
Arief, W., Zizlavsky, S., Priyono, H., & Wahyuni, L. K. (2018). Gambaran persepsi auditori CAP-II pada anak tuli prelingual bilateral 6 – 12 bulan pasca implantasi koklea. 48(1), 1–10.
Aulia, R. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Anak Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 347–357. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/861/718
Christine, J. (2016). Pemerolehan Bahasa Anak Tunarungu. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 81–160. https: //jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/4616/3317
Departemen Agama, 2004:4. (2009). Pengertian Anak Tunarungu. Journal Information, 10(3), 1–16.
Harpini Annisa. (2019). InfoDATIN Disabilitas Rungu di Indonesia. In Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan Ri (Issue ISSN 7452-1449, pp. 1–10).
Henricus Suparlan, Marce, T. D., Purbonuswanto, W., Sumarmo, U., Syaikhudin, A., Andiyanto, T., Imam Gunawan, Yusuf, A., Nik Din, N. M. M., Abd Wahid, N., Abd
Rahman, N., Osman, K., Nik Din, N. M. M., Pendidikan, I., Koerniantono2, M. E. K., Jannah, F., Stmik, S., Tangerang, R., No, J. S., … Supendi, P. (2015). Imam Gunawan. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59–70. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/viewFile/1380/1342%0Ahttp://mpsi.umm.ac.id/files/file/55-58 Berliana Henu Cahyani.pdf
Isni Badiah, L., Nurrohman Jauhari, M., & Mambela, S. (2020). Penerapan Pelatihan Terapi Auditory Verbal Therapy (AVT) untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu. Ortopedagogia, 6(1), 39–42. http://journal2.um.ac.id/index.php/jo
Kapoh, R. J. (2010). Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Dalam Perolehan Bahasa. Jurnal Interlingua, 4, 87–95.
Kasari, O. (2020). Tumbuh kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG PAUD FKIP Universitas Sriwijaya, 7(November), 97–105. https://doi.org/10.36706/jtk.
Liza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa. Jermal, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.31629/jermal.v1i2.2214
Nofiaturrahmah, F. (2018). Problematika Anak Tunarungudan Cara Mengatasinya. Quality, 6, 1–15.
Nurlaeni, & Juniarti, Y. (2017). PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN PENDAHULUAN Pendidikan adalah proses pemberian rangsangan pendidikan dimulai dari sejak lahir sampai usia enam tahun untuk dan membantu pembelajaran yang dilaksanakan oleh indiv. Pelita PAUD, 2.
R, T. H. T. (n.d.). Cochlear implant menunjukkan simplifikasi. Kedokteran Syiah Kuala.
Rusliwa Somantri, G. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57–65.
Safitri, Y. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.35
Winarsih, M. (2010). PEMBELAJARAN BAHASA BAGI ANAK TUNARUNGU Murni Winarsih. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(XIII), 103–113. https://fip.unj.ac.id/?page_id=2490
Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial. Modul Pengantar Linguistik Umum, 1–19. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/BING4214-M1.pdf
Zahrah, H. (2018). Jurnal raudhah. Raudhah, 06(01), 1–26.
Copyright (c) 2022 Erna Juherna, Desi Dwi Kurniawati, Gina Lugina Sugiarti, Annisa Nurul Falaah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.