Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Strategi Kolaboratif (Pemanfaatan ICT) pada Anak

  • Siti Fadillah Universitas Lancang Kuning
  • Sean Marta Efastri
  • Eva Karnelia PAUD Pelangi Kids

Abstract

Berdasarkan fenomena menunjukan bahwa guru dalam memberikan layanan bimbingan kelompok dengan strategi kolaboratif masih tergolong belum maksimal terutama dalam memanfaatkan ICT.  Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian guna mengetahui secara detail implementasi layanan bimbingan kelompok melalui strategi kolaboratif yang dilakukan oleh guru pada anak dengan judul penelitian. Maka metode yang digunakan adalah jenis penelitian Quasi Eksperimen, penelitian ini dilakukan di PAUD Pelangi Kids Usia 5-6 Thaun. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa impelementasi layanan BK melalui strategi kolaboratif pemanfaatan ICT pada anak PAUD Pelangi Kids menunjukan implementasinya berjalan baik, dimana hasil penelitian ketika sebelum dilakukan layanan BK pemahaman anak masih  tergolong  rendah  dengan  rata-rata  mencapai 15.8 sedangkan hasil dari penerapan layanan BK kepada anak menambahkan pemahaman anak tergolong tinggi dengan rata-rata mencapai 23.0.

Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Strategi Kolaboratif, Pemanfaatan ICT

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anriani, S. R., Hasanuddin, & Alam, A. S. P. (2021). Strategi Kolaboratif dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), 48–62.

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, TK. (Yrama Widy).

Ardy, N. W. (2014). Buku Ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus (Bumi Aksar).

Aswida, W., Marjohan, & Syukur, Y. (2012). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Siswa. KONSELOR Jurnal Ilmiah Konseling, 1(1), 1–11.

Barkely, E., & Dkk. (2016). Collaborative Learning Techniques. Nusa Media.

Budiningsih, A. (2004). Pembelajaran Moral. Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Hartinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Revika Aditama.

Hildayani, R. (2012). Penanganan Anak dengan Kebutuhan Khusus. Universitas Terbuka.

Islami, C. C. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Moral dan Disiplin Anak dengan Metode Permainan. Jurnal Pelita Paud, 1(2).

Islami, C. C., & Gustiana, E. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling AUD Berbasis Tugas Perkembangan untuk Meningkatkan Perilaku Prososial. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(2), 70–78.

Kemp, J., & Dayton. (2010). Kemp, Jhons Planing and Producing Instructional Media. Cambridge Harper & Row Publisher.

Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Rosda.

Nugraha, A., & Rahman, F. A. (2017). Strategi Kolaborasi Orangtua dengan Konselor dalam Mengembangkan Sukses Studi Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1).

Nuzliah. (2017). Pendekatan Layanan BK pada Anak Usia Dini. Jurnal.

Prayitno. (2005). PrayitnoBimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Bumi Aksara.

Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Bumi Aksara.

Ridwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta.

Sriyanti, L. (2015). Model Bimbingan dan Konseling Kolaboratif untuk Meningkatkan Pengendalian Diri Anak Usia Dini PAUD Kota Salatiga tahun 2015. Jurnal.

Sudjiono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Sukardi, D. K. (2008). Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah. Rineka Cipta.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Grafindo Persada.

Wahab, A. A. (2009). Metode dan Model Model Mengajar. Alfabeta.

Winkel, W. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Gramedia.

Zulma, A. (2018). Implementasi Bentuk Layanan Bimbingan dan Konseling pada Anak Kelompok B1 Usia 5-6 Tahun TK Islam Terpadu Permata Mandiri Billah 3 Banyuwangi Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal.

Published
2021-12-29
Abstract viewed = 567 times
pdf downloaded = 270 times