Implementasi Penggunaan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak

  • Sri Sufliati Romba Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Fadhilah Latif Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Room) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelompok B Taman Kanak-kanak Bukit Permai Agang Je’ne Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto sebanyak 15 anak. Hasil penelitian anak kemampuan berhitung anak pada kelompok B dilihat dari hasil observasi kemampuan anak pada siklus I ke siklus ke II mengalami peningkatan, dimana anak yang mengalami peninglatan sebanyak 15 anak didik pada kategori baik dan 1 anak didik pada kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan diatas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung anak pada kelompok B TK Bukit Permai Agang Je’ne Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto dapat ditingkatkan melalui kegiatan penggunaan media kartu angka.

Keywords: Anak, Kemampuan Berhitung, Media Kartu Angka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeny, C. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Dengan Menggunakan Metode Bermain Melalui Media Ikan Di Akuarium. Raudhatul Athfal : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 23–36.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekaningsih, J. (2009). Agar Anak Pintar Matematika. Jakarta: Puspaswara.

Hartini, P. (2012). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Media Permainan Memancing Angka Di Taman Kanak-Kanak Fathimah Bukareh Agam. Jurnal Pesona PAUD, I(1), 1–10.

Hurlock. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Mulyasa. (2010). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nakita. (2014). Pilih Permainan Edukatif Agar Si Kecil Tekun. Jakarta: Gramedia.

Novan, W. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Purwati, V. (2013). Peningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan balok angka pada anak kelompok B di TK Universal Ananda Kecamatan Patebon Kendal. Universitas Negeri Semarang.

Sujiono, B., & Yuliana, H. (2012). Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Published
2021-12-24
Abstract viewed = 766 times
pdf downloaded = 385 times