Optimalisasi Kemampuan Berbicara dengan Metode Berbicara pada Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak. Kegiatan berbicara menggunakan media gambar yang bervariasi sehingga mampu memotivasi minat anak. Jenis penelitian dilakukan secara kolaboratif dengan model Kemmis & Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian adalah kemampuan berbicara melalui media gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penilaian, untuk dokumentasi menggunakan kamera, dan wawancara menggunakan pedoman wawancara dengan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak melalui media gambar di TK Plamboyan Mekar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan berbicara anak pada Pratindakan sebesar 38,18%, meningkat menjadi 54% pada tindakan Siklus I, dan mencapai 84,18% pada tindakan Siklus II. Kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan setelah peneliti memberikan tindakan yang dilakukan melalui beberapa tahapan dan proses.
Downloads
References
Alfin, J., Rosyidi, Z., & Abdillah, H. (2018). Pengembangan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Anak Umur 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita Dengan Media Televisi Bergambar. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 271–280. https://doi.org/10.21009/jpud.122.08
Farida, T., & Rosidah, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 143. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i2.4702
Febiola, S., & Yulsyofriend. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036.
Hajrah. (2018). Pengembangan Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini. Administrasi Pendidikan Kekhususan PAUD,1, 1–14.
Hasanah, N., Harmawati, D., & Hidayat, A. K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Kegiatan Bercerita Berbantu Media Finger Puppet pada Anak Kelompok B. Musamus Journal of Primary Education, 2(1), 32–37. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.2046
Helmi Rahma Wati, & Yulsyofriend. (2019). Stimulasi Kemampuan Berbicara Anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 51–60. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-05
Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i1.4675
Istiarini, R. (2014). Peningkatan kemampuan berbicara melalui bermain balok. Pendidikan Usia Dini, 8(1), 1–9.
Lestari, I. (2018). Analisis Awal Kemampuan Bercerita Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(2), 165–177. https://doi.org/10.21009/jiv.1302.10
Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7.
oktari, richa, -, F., & -, H. (2013). Penerapan Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kemala Bhayangkari 14. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 1–12.
Program, J., Pendidikan, S., & Usia, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Tanya Jawab Pada Anak Usia 4 - 5 Tahun. 6(1), 1–15.
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2017). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. 9(3), 267–275.
Sunaryanto, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Media Poster Di Tk Aba Wonotingal Poncosari Srandakan Bantul Yogyakarta. Http://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Pgpaud/Article/View/320.
Suradinata, N. I., & Maharani, E. A. (2020). Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 72–81. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.11
Suryana, D., & Dewi, R. A. (2013). Pengembangan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 4-5 Tahun Speaking Ability Development Through Role-Play Methods In Children At 4-5 Years Old.
Copyright (c) 2021 Mega Hazwani, Adityawarman, Yolanda Pahrul, Moh. Fauziddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.