Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Non Formal dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran

  • Dini Nuraeni Marwa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Sumardi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui atau melihat kompetensi pedagogik guru PAUD dalam merencakana atau merancang pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan instrumen pengumpulan data melalui angket (kuesioner). Penelitian ini dilaksankan di PAUD non formal se-Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis. Subjek penelitian ini ialah guru-guru PAUD se-Kecamatan dengan jumlah 60 orang dan diambil sampel sebagai responden sebanayak 42 orang guru dari hasil purposive sampling. Pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui penyebaran angket dengan skala likert kemudian dianalisis melalui statistika deskriptif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kategori kemampuan atau kompetensi pedagogik guru PAUD dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran berada pada kategori tinggi.

Keywords: Kompetensi, Pedagogik, PAUD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Balimulia, dkk. (2020). Profil Kompetensi Guru Paud Di Palangka Raya. Pendidikan Dan Psikologi Pintar. 16, (2). 18-32.

Dyah,dkk. (2020). Menyiapkan Kompetensi Merancang Pembelajaran pada Calon Guru di PGPAUD Universitas Muhammadiyyah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1,(1), 33-41.

Esterina. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualifikasi Akademik Guru PAUD di Gugus Mengkudu Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah. Early Child Research and Practice. 1, (1). 55-60.

Goleman. (2019). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada Pengajaran Mikro Di PGSD UAD Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling.(53), 9, 1689-169: 9788578110796.

Milati, Imrah & Hestaliana, Ari. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru di PAUD. Genta Mulia. 12, (2). 187-196.

Maningtyas, dkk. (2020). Compiling Plan of Learning Activities and Evaluation for Early Childhood Learning. Series-Educational. 2 ,(13). 178-186. Doi: 9786025445132.

Meutia & Mursita. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Kelas dalam Pembelajaran Peserta Didik Tunarungu. Cakrawala Dini. 9, (1). 19-27. 10.17509/cd.v9i1.11345.

Oosterhoff, dkk. (2020). Aiming for Agency. The Effects of Teacher Education on the Development of The Expertise of Early Childhood Teachers. Teaching and Teacher Education. 96, 1-13. Doi: 10.1016/j.tate.2020.103176.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014.

Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Kencana.

Sadulloh, Uyoh. dkk. (2010). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung. Alfabeta.

Saripudin. (2019). Kompetensi Guru Pendamping dalam Memenuhi Standar Layanan Paud Non Formal di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Anak. 5, (2), 63-77. Doi:10.24235/awlady.v5i2.4848.

Sakellariou & Banou. (2020). Planning And Evaluating The Educational Process Of Play Within Greek Preschool Learning Environments. European Journal of Social Sciences Studies.4, (6). 83-108. Doi: 10.5281/zenodo.3668359.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tiara, Rizky. (2020). Pentingnya Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring. Jurnal Golden Age. 24, (2). 362-368.

Teshabeava. (2020). Psychological And Pedagogical Competence Of Pre. Scientific Journal Impact Factor. 1, (4). 982-987.

Wulandari & Hendriani. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia. Jurnal Kependidikan. 7, (1). 143-157. Doi: 10.33394/jk.v7i1.3152.

Yasmin & Eliza. (2021). Kegiatan PKG untuk Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Tmabusai. 5, (2). 2764-2768.

Zyuro & Komalasari. (2019). Analisis Masalah Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Tersertifikasi di Kecamatan Lamongan. PAUD Teratai. 9, (1).

Published
2021-12-23
Abstract viewed = 447 times
pdf downloaded = 308 times