Tingkat Keterampilan Komunikasi Guru PAUD

  • Alma Nurkharisma Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Indra Zultiar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Alfian Ashshidiqi Poppyariyana Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran umum tingkat keterampilan komunikassi guru PAUD dalam pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian survey serta teknik pengumpulan data berupa pengisian angket melalui google form menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban yang terdiri dari 17 pertanyaan berkaitan dengan indikator komunikasi guru selama pembelajaran. Sampel pada penelitian ini sebanyak 80 orang guru Taman Kanak-kanak (TK) di Kabupaten Sukabumi, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru TK di kabupaten Sukabumi memiliki tingkat keterampilan komunikasi tergolong kategori baik berdasarkan tiga indikator yang dinilai yaitu indikator efektif, empatik, dan santun karena menunjukkan hasil persentase sebesar 67% berdasarkan rata-rata persentase komunikasi efektif (60%), empatik (59%), dan santun (53%).

Keywords: Kompetensi Pedagogik, Komunikasi Guru, PAUD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2021). Tipikal Kendala Guru Dalam Mengajar Pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Ayu, L. G., Khadijah, & Ahmad, A. (2020). Penanaman Sikap Sopan Santun Peserta Didik Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota XI Tarusan. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam.

Dahlan, M. S. (2014). Etika Komunikasi Dalam Al-Qur'an. Jurnal Dakwah Tabligh, 115-123.

Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, T. B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran . Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Elkhaira, I., & Wirman, A. (2021). Komunikasi Guru dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Pembiasaan Ucapan Yang Baik Pada Anak. Indonesia Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini.

Fimala, Y., s, N., & Murni, I. (2021). Peran orang tua dan guru dalam memotivasi peserta didik . Jurnal Penelitian Guru Indonesia.

Gustiana, E., & Ropiah, O. (2019). Penerapan Program Interpesonal Communication Training Terhadap Kemampuan Komunikasi. Jurnal Pelita Paud.

Hamidah, N., Siwiyanti, L., & Ashshidiqi, A. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Pemahaman Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda.

Istiningsih, S., & Hasbunallah. (2015). Blended Learning, trend Strategi Pembelajaran masa depan. Jurnal Elemen.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Media Daring (Tutorial Webex, Zoom, dan Google Drive). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Junal Golden Age Universitas Hamzanwadi.

Mahani, I. S., Pudjiati, S. R., & Patricia. (2018). Pelatihan Keterampilan Mendengarkan Empatik Aktif Untuk Meningkatkan Kedekatan Guru Dan Anak. Jurnal Intervensi Psikologi.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal.

Mulyani, F. (2009). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Universitas Garut.

Munajat, A., & Hurri, I. (2019). Implementasi Kepemimpinan Ketua Himpaudi Dalam Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Di Kota Sukabumi. Journal Civics and Social Studies.

Primasari, I. F., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan.

Rihlah, J., Kamilah, U., & Shari, D. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. PAUD LECTURA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Siwiyanti, L., Zultiar, I., Hurri, I., & Djadjuri, D. (2016). Pendampingan tutor PAUD Riyadhul Jannah dalam Kegiatan Pembelajaran PAUD. Prosiding Seminar Akhir Tahun 2015.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age : Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.

Widianto, E. (2015). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajarana Anak Usia Dini.

Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca.

Published
2021-12-23
Abstract viewed = 578 times
pdf downloaded = 514 times