Pengembangan LKA dengan Latar Cerita Bergambar untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik AUD
Abstract
Penelitian ini didasari pada penggunaan LKA yang selalu mengandalkan dari penerbit, dengan konten yang didominasi pada evaluasi kognitif dan kegiatan seni seperti mewarnai. Studi lapangan membuktikan jarang sekali terdapat konten pembelajaran sains pada LKA yang dijual oleh penerbit. Dasar selanjutnya karena cerita bergambar dapat dijadikan bentuk penyampaian materi pembelajaran kepada anak, apalagi dalam pembelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk LKA dengan latar cerita bergambar untuk memfasilitasi keterampilan saintifik AUD. Metode yang digunakan adalah EDR model McKenney& Reeves. Dengan 3 tahap, yaitu melakukan identifikasi dan analisis kebutuhan, rancangan produk, dan kelayakan produk. Berdasarkan hasil uji validitas produk diperoleh rata-rata 90,2% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan guru 84% sangat praktis, kepraktisan anak 96% sangat praktis. Dan uji efektifitas 96% sangat efektif untuk memfasilitasi keterampilan saintifik AUD. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa pengembangan LKA dengan latar Cerita Bergambar sangat layak, praktis dan efektif untuk memfasilitasi keterampilan saintifik AUD.
Downloads
References
Abidin, Y. (UPI K. C. (2013). Strategi Mendongeng Kreatif, Cerdas, dan Edutaimen. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 68–70. https://doi.org/doi.org/10.17509/cd.v4i1
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151
Cahaya, i made elia, & Poerwati, C. E. (2017). Efektivitas mendongeng dalam meningkatkan kemampuan matematika anak usia dini. Media Edukasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 65–73.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Dores, O. J., & Setiawan, B. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Dongeng untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Se-Kota Sintang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(2), 62. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.695
Hafidz, I. P., Ilhami, B. S., Khaironi, M., Studi, P., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Kelompok Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Pelita PAUD, 3(1), 36–44. https://doi.org/doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i1.434
Hariyanti. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari. Pelita PAUD, 3(2), 106–120. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.520
Juniarti, Y. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sains Anak. Pelita PAUD, 1(2), 73–84. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v1i2.202
Permendikbud No 146 Tahun 2014, 8 37 (2014). http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf
Lidinillah, D. A. M. (2012). Educational Design Research : a Theoretical Framework for Action Oleh : Dindin Abdul Muiz Lidinillah. Unversitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.
Nugraha, A., Ritayanti, U., Sintayani, Y., & Maryati, S. (2015). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (E. Yulaelawati, E. Suminah, & K. Restuningsih (eds.)). Direktorat Pembinaan PAUD.
Nurhidayah, I., & Wangid, M. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Buku Dongeng Berbasis Sainsmatika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 259–268. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2688
Pujiaswati, R., Mulyana, E. H., & Mulyadi, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Anak (LKA) Model STEM pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anak Usia Dini. Agapedia, 4(1), 107–117.
Rahayuningsih, D. I., Mustaji, & Subroto, W. T. (2019). Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 4(2).
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Susdarwati, & Agustina, D. A. (2018). Peningkatan Keterampulan Proses Sains Flora Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Alam. Pelita PAUD, 2(2), 150–165. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i2.229
Copyright (c) 2021 Iis Haerunisa, Edi Hendri Mulyana, Sumardi, Istikhoroh Nurzaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.