Peran Dermatoglyphics Multiple Intellegence Assesmen dalam Pengenalan Bakat Anak

  • Hamzia Marie Universitar Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Sebagai salah satu yang berkontribusi dalam dunia pendidikan, pasti tidak asing lagi dengan istilah keberbakatan, yang mana bakat merupakan suatu potensi yang dibawa anak sejak lahir yang masih sangat membutuhkan stimulasi untuk mengembangkannya. Sehingga apabila bakat anak telah terdeteksi, pendidik akan lebih mengoptimalisasikan simulasi yang tepat buat anak. Dalam mengenali bakat seseorang terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, melalui tes bakat sederhana hingga tes bakat menggunakan teknologi modern yaitu DMI assesmen.  Dalam riset ini peneliti ingin mengetahui peran DMI assesmen dalam pengenalan bakat-bakat anak dan bagaimana peran pendidik dalam menstimulasi bakat anak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil riset ini menunjukkan bahwa DMI assesmen sangat berperan penting dalam pengenalan bakat anak, dan pendidik memberikan stimulasi untuk kemampuan anak melalui kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler berupa outbond, fun holliday, mom and kids day out, holliday program, kids and fun, dan aku anak sehat.

Keywords: Dermatoglyphics Multiple Intellegence Assesmen, Bakat Anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, dan andi budimanjaya (2016). 95 strategi mengajar multiple intelligences. Jakarta: kencana.

Aprilianto, toge (2013). saatnya melatih anakku berpikir. Bandung: nuansa cendikia.

Asfandiyar, andi yudha (2016). creative parenting today. Bandung: Kaifa.

Cathy nutbrown, dan peter clough (2015). pendidikan anak usia dini sejarah, filosofi, dan pengalaman. Ed kedua. yogyakarta: pustaka pelajar.

Fadlillah (2018). buku ajar konsep dasar PAUD. ponorogo: unmuh ponorogo press.

Familia, tim pustaka (2006). warna-warni kecerdasan anak dan pendampingannya. yogyakarta: kanisius.

Hurlock, elizabeth B (1993). perkembangan anak. Jilid 2. Vol. 2. Jakarta: Erlangga. perkembangan anak. Ed 6. Vol. 1. Jakarta: Erlangga, t.t.

Montessori, maria (2008). the absorbent mind, pikiran yang mudah menyerap. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pamilu, anik (2007). mendidik anak sejak dalam kandungan (panduan lengkap cara mendidik anak untuk orangtua). Jakarta Selatan: Citra Media.

R. Hoerr, Thomas (2007). buku kerja multiple intelligences pengalaman new city school di st. louis, AS, dalam menghargai aneka kecerdasananka. Bandung: Mizan Pustaka.

Rosandi, Rahmi Tasty, Yetti Supriyati, dan Elindra Yetti (2019). “Model Penilaian Kemampuan Penalaran Proporsional pada Mahasiswa Calon Guru Anak Usia 6-7 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2).

Suryadi, Suryadi (2016). “Pemberdayaan Lingkungan Anak.” AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 2 (2).

Tejaningrum, Dhiarti (2016). “Analisis Buku Laporan Perkembangan Peserta Didik Paud Ditinjau dari Teori Multiple Intelligences.” AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 2 (2).

Utami, Rini (2015). senyum lebar ayah bunda. Yogyakarta: Galaksi Media.

Antara, P. A. (2015). Pengembangan bakat seni anak pada taman kanak-kanak. Jurnal Ilmiah VISI, 10(1), 29-34.

Citrowati, E., & Mayar, F. (2019). Strategi Pengembangan Bakat Seni Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1207-1211.

Fadhillah, N. (2019). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak.

Novianti, R., Puspitasari, E., & Chairilsyah, D. (2013). Pemetaan kemampuan guru PAUD dalam melaksanakan asesmen perkembangan anak usia dini di Kota Pekanbaru. Sorot, 8(1), 95-104.

Suripatty, P. J. P., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Permainan Bingo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 100-109.

Zulkifli, T. I. (2020). Pengaruh Bermain Konstruktif Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Di Tk Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1-7.

Putri, P. A., & Ismet, S. (2020). Efektivitas Permainan Perkusi Kastanyet Terhadap Kecerdasan Musikal Anak. Jurnal pendidikan tambusai, 4(1), 464.

Viana, R. O., & Jauhari, J. (2020). Pembelajaran Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 108-118.

Jumiatin, D., Windarsih, C. A., & Sumitra, A. (2020). Penerapan Metode Holistik Integratif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Purwakarta. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 1-7.

Windarsih, C. A., Sumitra, A., Jumiatin, D., & Elshap, D. S. (2020). Penerapan Program Holistik Integratif Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(1), 1-10.

Utami, F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551-558.

Published
2021-06-23
Abstract viewed = 61 times
pdf downloaded = 35 times