Hubungan Antara Kemampuan Musikal dengan Multiple Intelligences pada Anak

  • Gloria Yohana Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Yoyok Yermiandhoko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Multiple Intelligences pada anak dapat ditinjau melalui kemampuan musikalnya. Anak dapat menentukan jenis kecerdasan apa saja yang dimiliki. Dalam melakukan kegiatan bermusik, anak dapat mengespresikan bentuk kata maupun nada. Mengasah kemampuan musikal akan memberikan perubahan signifikan terhadap perkembangan motorik tubuh dan delapan kecerdasan otak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan deksripsi hubungan antara kemampuan musikal yang dimiliki anak dengan Multiple Intelligences. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tentang penguraian kejadian-kejadian. Penelitian ini menguraikan tentang hubungan antara kemampuan musikal dengan Multiple Intelligences pada anak untuk menunjang kecerdasan anak melalui dunia pendidikan non formal. Hasil penelitian ini diperoleh dengan memaparkan sejumlah data berupa data deksriptif murid Melodio Music School yang masing-masing memiliki kemampuan vokal, bermain piano, dan bermain biola. Deskripsi kemampuan musikal pada anak-anak tersebut dihubungkan dengan kedelapan jenis kecerdasan majemuk. Setiap anak berkemampuan musikal memiliki kapasitas musikal yang dapat menunjukkan dominansi jenis Multiple Intelligences-nya.

Keywords: Kemampuan Musikal, Multiple Intelligences

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amstrong, Thomas. (2009). Multiple Intelligences in the Classroom. Alexandria: ASCD Member Book

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Djohan. (2020). Psikologi Musik. Yogyakarta: PT Kanisius.

Endraswara, Suwardi. (2017). Metodelogi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Gardner, Howard. (2013). Multiple Intelligences Memaksimalkan Potensi dan Kecerdasan Individu dari Masa Kanak-Kanak Hingga Dewasa. Jakarta: Daras Books.

Gardner, Howard. n.d. Multiple Intelligences. Tangerang: Interaksa.

Mar’at, Samsunuwiyati. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Marpaung, Junierissa. (2017). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. Jurnal Kopasta Volume 4(1):7–15.

Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Rosdakarya.

Purwanto, M. Ngalim. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Savitri, Ivy Maya. (2019). Montessori For Multiple Intelligence. Bandung: Bentang Pustaka.

Suarca, Kadek., Soetjiningsih., Soetjiningsih., Ardjana, IGA., Endah. (2016). Kecerdasan Majemuk Pada Anak. Jurnal Sari Pediatri Volume 7(2):85-92. DOI: 10.14238/sp7.2.2005.85-92

Sumaryanto, Totok. (2000). Kemampuan Musikal (Musical Ability) dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Musik. Harmonia: Journal of Arts Research and Education Volume (1)1.

Yaumi, Muhammad. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. 1st ed. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Yusuf, Syamsu. (2000). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yuwono, Pratik Hari. (2017). Pengembangan Intelegensi Musikal Siswa Melalui Pembelajaran Musik di Sekolah. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume XI(1):25–38.

Published
2021-06-26
Abstract viewed = 30 times
pdf downloaded = 18 times