Motivasi Belajar Anak Masa Pandemi Covid-19 di Kelas Awal Sekolah Dasar Kecamatan Sutera

  • Priti Sesri Utami UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Indra Jaya

Abstract

Artikel iniibermaksud untuk/melihat semangat belajar murid selama pandemiiCovid-19, dan untuk melihat dampak motivasi belajar saat pandemiiCovid-19 atas pencapaian belajar murid. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dan survei dipilih pada penelitian ini serta siswa SD Negeri Sutera kelas I dan II, dengan jumlah maksimum 110 siswa SD Negeri Sutera wilayah I dan II sebagai populasi. Data penelitian dengan menyebarkan survei kuesioner. Hasil penelitian menampilkan bahwa rata-rata jumlah indikator adalah 56,6. Dalam menghadapi kesulitan (tidak bisa segera menyerah), skor rata-rata keseluruhan adalah 74. Indikator antusiasme tugas ini, skor rata-rata 66,7. Indikator ini dapat melindungi pandangan dari 110 siswa, dan hanya 45 siswa yang datang 15 menit yang lalu. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dari jumlah rata-rata keseluruhan yang diperoleh dapat di kategorikan masih rendahnya minat belajar siswa.

Keywords: Motivasi Belajar, Anak, Pandemi Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M. Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

A.M. Sardiman. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Akmal, Saiful dan Susanti Elvi.2019. Analisis Dampak Penggunaan Reward Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhammadiyah Aceh Singkil.Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol. 19, No. 2 Februari 2019

Ane, P. 2015. Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi.Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015.

Arlin, Meila. 2015. Hubungan Reward dengan disiplin anak TK kelompok B di sekolah Se-Gugus II Kecamatan Sanden , Bantul (Online) Pg Paud.Uny.

Asparida, 2015.Bahasa Gurudalam Mengekspresikan Penghargaan (Reward) Dan Hukuman (Punishment) Kepada Siswaditaman Kanak-Kanak (Tk) Aisyiyahiv kota Bengkulu. Jurnal Diksa Vol. 1,No. 1 Juni 2015.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 4–6.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 5, No. 2 (2017) 93-196

Ghullam, Hamdu dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Pestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal penelitian pendidikan. Vol. 12, No. 1, April 2011. Issn 1412-565X.

Hamalik, O. 2015. Proses belajar mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Haspita, Rian Putri. 2013. Studi Tentang Pelaksanaan Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelompok-A Di Tk Islam Al-Azhar 35 Surabaya.Jurnal BK Unesa. Volume 04 Nomor 01 Tahun 2013. 274-284

Hurlock, E. B. 1999. Perkembangan anak jilid 2 (Terjemahan Tjandrasa Meitansari). New York: McGraw-Hill. (Buku asli diterbitkan tahun 1978).

Juita, Ratna. 2012. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Menakar Air Di TK Aisyyah Koto Kaciak Maninjau. Jurnal Pesoan PAUD. Vol.1, No.1

Karyawetti, Yunita. 2016. Penggunaan Media “Reward Board” Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas VIII C Velajar Bahasa Inggris Di SMPN 3 X Kota Singkarak. Jurnal cendikia. Vol 1, No 01 Januari-Juni 2016.

Kawulur ,Tresia Karli, W. A. Areros, R. J. Pio. 2018. Pengaruh Reward and Punishment Terhadap Loyalitas Karyawan di PT. Columbia Perdana Cabang Manado.Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 6 No. 2 Tahun 2018

Kemendikbud. 2012. Panduan Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta.

Khoiron, Miftakul Dan Rezania Vanda. 2020. Studi literature tentang pengaruh media monopoli modifikasi terhadap hasil belajar IPS siswa sekolah dasar.Mataram. 6 Juli

Kusniyah & Hakim,L . (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 17 No.1.

Kompri. 2016. Motivasi Belajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mabruri, Ardi Rizky. 2016 Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah Piyaman. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar.(Nomor 32 Tahun 5 ), 1-9.

Nur, Dwi Asmoro Wati. 2020. Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Integrative Melalui Teknik Reward Pada Siswa Kelas 1 SDN Teguhan 02 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018.Jurnal profesi dan keahlian guru.Vol. 1, No.3 Tahun 2020/2021.

Noveandini, R., dan Wulandari, M. S. (2010).Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online (E-learning) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa/i Sekolah Dasar.In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Rumhadi, Tri. 2017. Urgensi Motivasidalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan. Vol. 11, No. 1, Januari- Maret 2017.

Sabartiningsih, Mila dan Muzakki Jajang Aisyul, Durtam. 2018. Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol.4, No.1, Maret 2018 Kadek, Sujiantari Ni. 2016. Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pemeblajaran IPS (Studi Pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016).Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE). Vol. 7 No. 2

Setiawan, wahyudi. 2018. Reward And Punishment Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal ilmiah. Vol. 4, No. 2 Januari 2018

Sofiani, Eza dkk.2018. Hubungan Pemberian Reward Dan Punishment Dengan Motivasi Belajar Geografis Siswa Kelas XI IPS SMA Laboratorium Unsyiah.Jurnal ilmiah mahasiswa pendidikan geografis FKIP Unsyiah.Vol. 3, NO. 3, Hal 306-312, Agustus 2018

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana. 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (teori dan praktik pembelajaran). Padang. UNP press.

Sutarna, N., Acesta, A., Cahyati, N., Giwangsa, S. F., & Iskandar, D. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Siswa usia 5-8 tahun. 6(1), 288–297. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1265

Published
2021-06-20
Abstract viewed = 541 times
pdf downloaded = 153 times