Perilaku Tantrum pada Anak Usia Dini di Sekolah

  • Cau Kim Jiu Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak
  • Hartono Hartono
  • Lince Amelia
  • Surtikanti Surtikanti
  • Tisa Gusmiah
  • Wuriani Wuriani
  • Usman Usman
  • Kharisma Pratama
  • Gusti Jhoni Putra

Abstract

ABSTRAK

Tantrum merupakan masalah perilaku yang umum terjadi pada anak usia dini dimana anak belum mampu untuk mengekspresikan dan mengonrol amarahnya secara positif.  Penelitian ini bertujuan untuk  mengidentifikasi bentuk-bentuk tantrum dan pemicu tantrum pada anak usia dini di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  deskriptif kuantitatif  dengan menggunakan angket dalam pengumpulan data yang disebarkan secara online pada 101 guru PAUD dan TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal di 14 Kabupaten/Kota  Kalimantan Barat. Analisis  data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemicu tantrum pada anak usia dini di sekolah  33,7% disebabkan oleh keinginan anak yang tidak dipenuhi dengan bentuk perilaku tantrum yang ditunjukkan 28,7% yaitu dengan cara menangis. Cara guru menenangkan anak tantrum di sekolah   18,8% dengan cara memeluk anak.  Meskipun perilaku tantrum merupakan perilaku yang biasa terjadi pada anak usia dini di sekolah namun  para guru harus mengenal  dan dapat mengatasi perilaku tantrum yang muncul pada anak sehingga kedepanya diperlukan pelatihan bagi guru dalam menangani anak dengan tantrum di sekolah.

 

Kata Kunci:  tantrum;,perilaku, anak usia dini, sekolah,

 

ABSTRACT

 

Tantrum is a common behavior problem in early childhood where children are not able to express and control their anger positively. This study aimed to identify the forms of tantrums and triggers for tantrums in early childhood at school. The method used in this study was quantitative descriptive by using a questionnaire in data collection which was distributed online to 101 of early childhood education and kindergarten teachers' Aisyiyah Bustanul Athfal in 14 regencies /cities of West Kalimantan. This study used percentage descriptive analysis. The results showed that the trigger for tantrums in early childhood at school was 33.7%  due to the child's desire that was not fulfilled by the form of tantrum behavior shown by 28.7%, namely by crying. The way the teachers calmed tantrum children at school was 18.8% by hugging the children. Although tantrum behavior is a behavior that usually occurs in early childhood at school, teachers must recognize and be able to overcome tantrum behavior that appears in children so that in the future training is needed for teachers in dealing with children with tantrums at school.

 

Keywords: tantrum, behaviors, early childhood, school

Keywords: Tantrum, Perilaku, Anak Usia Dini, Sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, A. N., & Hanifah, N. A. (2015). Tahap pengetahuan guru pendidikan khas apabila mengurus tingkah laku murid bermasalah pembelajaran. Asia Pacific Journal Educators and Education, 30(1), 73–88.

Bhatia, M. S., Dhar, N. K., Singhal, P. K., Nigam, V. R., Malik, S. C., and Mullick, D. N. (1990). Temper tantrums: Prevalence and etiology in a nonreferral outpatient setting. Clinical Pediatrics, 29, 311-315.

Belden, A.C., Thomson, N.R., & Luby, J.L. (2008). Temper tantrums in healthy versus depressed and disruptive preschoolers: Defining tantrum behaviors associated with clinical problems. Journal of Pediatrics, 152, 117-122. doi:10.1016/j. jpeds.2007.06.030

Daniels E, Mandleco B, Luthy KE. (2012). Assessment, management, and prevention of childhood temper tantrums. J Am Acad Nurse Pract. 2012 Oct;24(10):569-73. https://doi.org/10.1111/j.1745-7599.2012.00755.x

Eisbach, S. S., Cluxton-Keller, F., Harrison, J., Krall, J. R., Hayat, M., & Gross, D. (2014). Characteristics of temper tantrums in preschoolers with disruptive behavior in a clinical setting. Journal of psychosocial nursing and mental health services, 52(5), 32-40. https://doi.org/10.3928/02793695-20140110-02

Indanah, Karyati. (2017) Todler Temper Tantrum. The 5th Urecol Proceeding. UAD Yogyakarya. 1300-1311.

Leung AK, Fagan JE.(1991). Temper tantrums. Am Fam Physician;44(2):559-63

Potegal M, Kosorok MR, Davidson RJ. (2003). Temper tantrums in young children: 2. Tantrum duration and temporal organization. J Dev Behav Pediatr. Jun;24(3):148-54. doi: 0196-206X/00/2403-0148

Potegal M, Davidson RJ. (2003). Temper tantrums in young children: 1. Behavioral composition. J Dev Behav Pediatr. Jun;24(3):140-7. doi: 0196-206X/00/2403-0140

Rahmaningrum A & Fauziauh. P (2020), Peran Guru pada Pengasuhan Anak dari Keluarga Tenaga Kerja Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2021: 1282-1292, DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.796

Sembiring KA, dkk. (2017). Persepsi Orang Tua terhadap PemecahanMasalah Temper Tantrum Anak Usia Dini di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Universitas Lancang Kuning. 92(4), 90-99. Diakses pada tanggal 6 Mei 2021 melalui https://repository.unilak.ac.id/122/1/288-Research%20Results-661-1-10-20180220.pdf

Wulansari M (2015). Perilaku Tantrum Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Marditama Timbulharjo Sewon Bantul, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada tanggal 6 Mei 2021 melalui https://core.ac.uk/download/pdf/33528577.pdf

Published
2021-06-24
Abstract viewed = 144 times
pdf downloaded = 78 times