Pengaruh Kegiatan Melukis Menggunakan Bahan Bekas terhadap Peningkatan Kreativitaas Anak
Abstract
Permasalahan penenelitian ini rendahnya kreativitas anak pada kegiatan melukis. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh kegiatan melukis menggunakan bahan bekas terhadap peningkatan kreativitas anak. Hipotesis penelitian ini adalah jika kegiatan melukis menggunakan bahan bekas diterapkan dalam pembelajaran maka kreativitas anak dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampe penelitian terdiri dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kontrol masing-masing 6 orang anak, dengan desain penelitian yaitu Non Equvalent control Group Design. Variabel penelitian adalah kegiatan melukis menggunakan bahan bebas (variabel bebas) dan kreativitas anak (variabel terikat). Penelitian ini bertempat di TK Mentari Bontoa Kota Makassar. Teknik pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi, dengan analisis kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat peningkatan kreativitas anak yang siginifikan setelah penerapan kegiatan melukis menggunakan bahan bekas.
Downloads
References
Andriani, N., Said, A., & Syamsidar, S. (2021). Improving Color Recognition Ability Though Painting in Group B of TK One Roof Bulubete. International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), 3(1), 39-46.
Aprianti, R., & Wembrayarli, W. (2013). Meningkatkan kreativitas gambar anak melalui melukis pasir di atas kaca pada kelompok B TK Satu Atap Padang Kurawan Bengkulu Selatan (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).
Elvia, F. (2020). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mencetak Pola Dengan Media Airbrush Di Tk Dharma Wanita Labuhanhaji Barat Aceh Selatan. Etd Unsyiah.
Febriana, Putri. 2007. Kreasi Unik Dari Barang Bekas. Jakarta: Wahyu Media
Firasaty, O., & Astuti, H. P. (2017). The Creativity of Early Childhood Painting through Media Waste in Islamic Center Kindergarten Brebes. BELIA: Early Childhood Education Papers, 6(2), 98-102.
Hajerah, H., Syamsuardi, S., & Herman, H. (2019, May). Pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan bahan bekas pada Guru TK di Kabupaten Maros. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2018, No. 9).
Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 35-43.
Martinis, M. (2012). Peningkatan Kreativitas Anak melalui Melukis Menggunakan Sikat Gigi Taman Kanak-Kanak Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(4).
Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT Elex Media Kompotindo
Musfiroh Tadkiroatun, Tauminingsih Sri. 2016. Bermain dan Permainan Anak. Banten: Universitas Terbuka
Musdalifah, M., Anas, M., & Sadaruddin, S. (2020). Peningkatan Kreativitas Anak melalui Metode Discovery pada Pembelajaran Sains di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Mario. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 42-52.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 146 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Racmawati Yeni, Kurniati Euis. 2010. Strategi Pengembangan Bahasa Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Premada Media Group
Rohani, R. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. JURNAL RAUDHAH, 5(2).
Safitri, T., Jamil, Z. A., & Amrindono, A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Dengan Menggunakan Media Sisir Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Mutiara Hati Simpang 3 Sipin Kecamatan Kota Baru Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Sarwono, Jonathan & Budiono, Herlina. 2012. Statistik Terapan Aplikasi Untuk Riset Skripsi, Tesis Dan Disertasi (Menggunakan SPSS, AMOS dan Exel. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Setianingrum, R. (2015). Pengaruh Kegiatan Melukis Terhadap Peningkatan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Azhar 14 Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral Dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).
Setya, W. 2008. Aliran Seni Lukis Indonesia. Semarang: Alprin
Setyowati, C. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Media Bahan Bekas. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 80-91.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung
Wahyudin. 2007. A to Z Anak Kreatif. Jakarta: Gema Insani
Zaenab, Siti. 2015. Pofesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing. Yogyakarta: Depublish
Copyright (c) 2021 Atira, Siti Nurhidayah Ilyas, Rusmayadi Rusmayadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.