Kesiapan Guru RA dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Bangkalan

  • Eriqa Pratiwi Universitas Trunojoyo Madura
  • Dinda Rizki Tiara

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadikan pembelajaran luring menjadi daring di semua jenjang pendidikan agar pembelajaran tetap bisa dilaksanakan dengan hasil yang baik. Kesiapan guru dalam pembelajaran merupakan kunci keberhasilan dari pembelajaran itu sendiri. Kesiapan guru dibutuhkan tak terkecuali pembelajaran daring pada pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kesiapan guru RA di Bangkalan dalam melaksanakan pembelajaran daring. Penelitain ini dilaksanakan di RA di Bangkalan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif asosiatif (Korelasi Product Moment). Subjek dalam penelitian ini diambil berdasarkan rumus Slovin dari total populasi guru RA di Bangakalan sebanyak 395 sehingga didapatkan 199 guru RA, namun penelitian ini menggunakan 210 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadaptasi skala TROLM dan dianalisis dengan teknik Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil yang didapatkan adalah kesiapan guru RA di Bangakalan cukup tinggi dalam melaksanakan pembelajaran daring.

Keywords: Kesiapan Guru, Pembelajaran Daring, Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60.

Astutiningtyas, R., & Yanuartuti, S. (2020). Relokasi Pembelajaran Seni Dalam Bentuk Daring Online Untuk Meningkatkan Kreativitas Selama Pandemi Covid-19. Pendidikan Seni Budaya, 4(13), 138–145.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Cahyati, N. (2020). Kegiatan Home Literacy Dalam Mengembangkan Kemampuan Awal Membaca Anak Usia Dini Di Masa WFH. Jurnal Golden Age, 4(01), 160–166. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2219

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 4–6.

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833

Ciptaningtyas, A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.440

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(September), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Febrialismanto, & Nur, H. (2020). Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan di Taman Kanak-Kanak. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 101–111. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.8296

Ha, O., JM, N., & An, W. (2014). E-Learning Readiness Assessment Model in Kenyas’ Higher Education Institutions: A Case Study Of University of Nairobi. International Journal of Scientific Knowledge, 5(6), 29–41.

Harahap, S. A., Dimyati, & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hung, M. L. (2016). Teacher readiness for online learning: Scale development and teacher perceptions. Computers and Education, 94, 120–133. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.11.012

Jalal, M. (2020). Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Covid-19. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 35–40. https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i1.61

Jayawardana, H. B. ., Zahro, I., & Pertiwi, E. P. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Paud Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusinya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 40–50. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6647

Ke, H., AlSaqqaf, A., & Swanto, S. (2020). E-learning readiness among English language teachers in Sabah, Malaysia: A pilot study. 2(September), 120–127.

Riadil, I. G., Nuraeni, M., & Prakoso, Y. M. (2020). Persepsi Guru Paud Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Di Masa Pandemi Covid-19. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 89–110. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6574

Saputro, S. D. (2018). Studi Perbandingan Pendidikan Umum Dan Agama Di Kabupaten Bangkalan. Pamator Journal, 11(1), 32–41.

Sutarna, N., Acesta, A., Cahyati, N., Giwangsa, S. F., & Iskandar, D. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Siswa usia 5-8 tahun. 6(1), 288–297. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1265

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Published
2021-06-19
Abstract viewed = 118 times
pdf downloaded = 72 times