Peningkatan Kemampuan Problem Solving melalui Metode STEM di KB Anggrek Kabupaten Ngawi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan problem solving anak melalui metode STEM dengan kegiatan bereksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas yang dilaksanakan di KB Anggrek Desa Ploso Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi dan diskusi teman. Data hasil belajar anak secara individu yang diperoleh dari kedua siklus, dianalisis berdasarkan aspek yang dinilai. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila rata-rata persentase ≥75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I tingkat keberhasilannya 50% yang artinya hanya 10 anak didik hasil belajarnya tuntas, kemudian pada siklus II tingkat keberhasilannya meningkat menjadi 90% yang artinya 18 anak didik yang hasil belajarnya tuntas dari 20 anak didik. Dengan demikian keberhasilan pembelajaran pada siklus II sangat bagus karena tingkat keberhasilannya sudah memenuhi kriteria peneliti yaitu >75%. Berdasarkan keberhasilan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan problem solving anak KB Anggrek, maka kegiatan eksperimen dapat diterapkan pada pembelajaran di anak usia dini.
Downloads
References
A.A.Anwar Prabu Mangkunegara. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaaan Bandung. Rosda
A.M.Irfan Taufan Asfar, Syarif nur. (2018). Model Pembelajaran PPS ( Problem Posing & Solving ). Sukabumi, Jawa Barat
Arikunto Suharsimi . (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: RinekaCipta.
Bybee, Rodger. (2013). The Case for STEM Education Chalengess and Opportunities. Arlington: National Science Teachers Assosiation.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Eliyyil Akbar. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta. Prenada Media Group.
Evan Sanders. (2009). STEM, STEM Education, STEM Mania. The Technology teacher, 68(4): 20-26
Hamid Darmadi.(2010). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Hasibuan. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi : Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Heri Rahyubi. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung : Nusa Media.
Hidayat. (1990). Strategi Belajar Mengajar. Bandung.
Johni Dimyati. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Peraturan Meneteri Pendidian dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kemendikbud.
Kemmis and MC Taggart. (1998). The Action Research Planner. Dekan University.
Mansur. (2005). Pendidikan anak usia dini dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Munandar, Haris, Sitanggang, Sally, (2011), Mengenal HAKI-Hak Kekayaan Intelektual, Jakarta, Erlangga.
Munawar , Fenny Roshayanti , Sugiyanti (2019) “IMPLEMENTATION OF STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini .Universitas PGRI Semarang.
N.Tsupros, R. Kohler dan J. Hallinen. (2009). STEM edication: A project To Identify The Missing Components. A collaborative study conducted by the IUI Center for STEM Education and Carnegie Mellon University.
Nida’ul Khairiyah. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM). Medan. Guepedia.
Riyanto. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Robert Kreitner. (2005). Kemampuan Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.
Sujati. (2000). Penelitian Tindaka Kelas. Yogyakarta. FIP. UNY.
Syaiful Bahri, Djamarah dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Tritiyatma. (2017). Keterampilan Abad 21 Dan STEAM ( Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics). Project Dalam Pembelajaran Kimia, Jakarta Juni 2017
Tom Torlakson. (2014). Californians Dedicated to Education Foundation.Innovate. Califonia
Yetti Supriyati. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2021 Anik Setyowati, Dita Primashanti Koesmadi, Desi Nuzul Agnafia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.