Manajemen Strategi dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Anak Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai Manajemen Strategi dalam Pengembangan Mutu Pendidikan terutama Pendidikan Anak Usia Dini menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan kajian dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manjamen strategi diawali dengan formulasi strategi TK Permata Hati yaitu berupa identifikasi terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan.TK Permata Hati dalam mengimplementasikan manajemen strategi tertuang dalam struktur organisasi. Evaluasi strategi dilakukan secara terus menenus. TK Permata Hati menjaga beberapa komponen mutu seperti pelanggan, komitmen, kerjasama, evaluasi secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan serta melibatkan semua elemen sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan mutu TK Permata Hati secara bersama.
Downloads
References
Alwi, B. M., Ramadani, S., & Herma, T. (2018). MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA TAMAN
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DO’A IBU. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 53–62.
Ara Hidayat dan Imam Machali. (2012). Pengeloalaan pendidikan, konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Yogyakarta: Kaukaba.
Ara Hidayat dan Imam Machali. (2016). The Handbook of Education Manajemen. Jakarta: PT. Fajar Interprantamasi Mandiri.
David, F.R. (2011). Manajemen Strategis: Konsep. Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Fajri & Senja. (2008). “Kamus besar Bahasa Indonesia”. Jakarta:Difa Publisher.
Ferrel, O. C., Herline, M. D. (2005). Marketing Strategy, South Western: Thomson Corporation.
Fred, R. David. (2005). Manajemen Startegi: konsep. Jakarta: Salemba Empat.
Freddy Rangkuti. (2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta :
Gramedia Pustaka Utama
Gitosudarman, I. (2001). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE, Hanafi.
Hanan, Abdul. (2019). Analisis Manajemen Strategi Kepala MTS Islahul Muslimin Senteluk Lombok Barat Perspektif SWOT. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1).
J. David Hunger & Thomas L. Wheelen,. (2003). Manajemen Srategis. Yogyakarta: ANDI
Kadarisman, Idris, S. (2019). Orientasi Mutu Pendidikan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Mudarrisuna. 9 (2).
Minarti, Sri. (2011). Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruz Media
Mustabsyiah, L. Purwadi. Kusumaningtyas, N. (2019). Kepemimpnan kepala kelompok bermain berbasis analisis SWOT yang mendukung program pembelajaran. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. 8(1), 145-155
Musyid. (2016). Pengembangan pembelajaran pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ndeot, Felisitas. 2020. “Potret PAUD Di Desa Compang Ndejing.” Jurnal Pelita PAUD 4 (2): 178–86. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.977.
Philip Kotler dan Garry Amstrong. (2008). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2009). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo
Rochman, I. (2019). Analisis SWOT dalam lembaga pendidikan. AL-IMAN: Jurnal Keislamanan dan Kemasyarakatan, 3(1)
Sagala, Syaiful. (2013). Manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan Jenis Metode Dan Prosedur. Kencana.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Susilawati, M, I. Harun, M. (2017). Analisis SWOT sebagai dasar strategi branding pada madrasah ibtidaiyah al hidayah, Cireunde, Ciputat. TARBAWI, 3(1) 111-128
Tedjo Tripomo. Udan. (2005). Manajemen Strategi. Bandung: Rekayasa Sains
Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Copyright (c) 2021 Mukhamad Hamid Samiaji, Imam Hidayat, Safinatun Najah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.