Terapi Sensori Integrasi untuk Anak Downsyndrome melalui Busy Book

  • Isnainia Solicha Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suyadi Suyadi Universitar Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Anak down syndrome memiliki banyak sekali hambatan yang dialami mulai dari fisik, mental, dan emosinya. Salah satu hambatan yang dialami anak down syndrome adalah keterbatasan dalam sistem sensori mereka. Dalam penelitian ini penulis mengembangkan media dan alat permainan edukatif berupa busy book yang dapat dijadikan sebagai media terapi sensori integrasi dan pengenalan angka. Busy book ini mengintegrasikan keempat indra seperti; penglihatan, pendengaran, taktil, dan proprioseptif. Tujuan penelitian ini agar diketahui bahwa media busy book ini dapat dijadikan sebagai media terapi sensori integrasi dan pengenalan angka untuk anak down syndrome. Selain itu bagaimana anak down syndrome mengaplikasikan busy book ini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat anak down syndrome tertarik dan dapat mengaplikasikan busy book dengan bantuan para shadow. Melalui busy book ini anak-anak dapat lebih mudah dalam menghitung dengan bantuan benda-benda yang timbul dan berbunyi.

Keywords: Sensori Integrasi, Anak Down Syndrome, Busy Book

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahn, R. R., Miller, L. J., Milberger, S., & McIntosh, D. N. (2004). Prevalence of Parent’s Perceptions of Sensory Processing Disorders Among Kindergarten Children. American Journal of Occupational Therapy, 58(3).

Anggrayni, M., & Sari, A. M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka dengan Menggunakan Media Papan Flanel. Jurnal Pelita PAUD, 4(2).

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fewell, R., & Oelwein, P. L. (2013). Effective Early Intervention: Results From the Odel Preschool Program for Children with Down Syndrome and Other Developmental Delays. TECSE Sage Publications Inc., 11(1).

Komariyah, F. (2018). Evaluasi Hail Terapi Sensori Integrasi (Sensory Integration) bagi Anak Tunagrahita di Yayasan Miftahul Qulub Cipondoh Kota Tangerang. Skripsi. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Kurniawan, W., & Juvita, M. (2019). Pengaruh Terapi Sensori Integrasi pada Anak Autis yang Mengalami Gangguan Sensori di Pusat Layanan Autis Provinsi Bangka Belitung. Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 10(1).

Magta, M., Labore, C., & Christiani, A. (2019). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2).

Marta, R. (2017). Penanganan Kognitif Down Syndrome melalui Metode Puzzle pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 1(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.29

Mufliharsih, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book pada Kosa Kata Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Putri, A. R., Suharsini, M., Rizal, M. F., Budiardjo, S. B., Sutadi, H., Indiarti, I. S., & Fauziah, E. (2019). Cognitive Comprehension of Dental Health Education Using a Busy Book “Ayo Sikat Gigi” in Down Syndrome Children. Journal of International Dental and Medical Research, 12(2).

Rahma, M. S., & Indrawati, E. S. (2017). PENGALAMAN PENGASUHAN ANAK DOWN SYNDROME (Studi Kualitatif Fenomenologis Pada Ibu Yang Bekerja). Empati, 6(3).

Rohmadheny, P. S. (2016). Studi Kasus Anak Downsyndrome (Case Study of Down Syndrome Child). Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 03(3).

Safitri, D., Afifulloh, M., & Anggraheni, I. (2019). Penggunaan Media Busy Book untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B1 di Ra Panglima Sudirman Sumbersekar Dau Malang. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I(1). Retrieved from https://www.mendeley.com/catalogue/thufuli-jurnal-pendidikan-islam-anak-usia-dini-volume-i-nomor-1-tahun-2019-eissn/

Saraswati, A. M., & Mahmudah, S. (2018). Penerapan Permainan Busy Book Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus.

Siahaan, C. J. E. br, & Reza, M. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Nusantara Kasih Gresik. Jurnal UNESA, 7(3).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Ulfah, A. A., & Rahmah, E. (2017). Pembuatan dan Pemanfaat Busy Book dalam Mempercepat Kemampuan Membaca untuk Anak Usia Dini di PAUD Budi Luhur Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(1).

Utomo, I. A., Ramli, M., & Furaidah. (2018). Penerapan Strategi Bermain Melalui Media Busy Book untuk Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 12(1).

Waiman, E., Gunardi, H., Sekartini, R., & Endyarni, B. (2011). Sensori Intergrasi : Dasar dan Efektifitas Terapi. Sari Padiatri, 13(2).

Wardah. (2019). Sindrom Down: Antara Fakta dan Harapan. InfoDATIN.

Wasik, S. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Yahya, A., Kurniawan, A., & Samawi, A. (2015). Pengaruh Terapi Sensori Integrasi Tethadap Kemampuan Motorik Kasar Berjalan di Atas Garis Siswa Autis. Jurnal Ortopedagogia, 1(4). https://doi.org/10.20961/arst.v15i2.12760

Yulianto, T. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Busy Book Terhadap Kemampuan Motori Halus Anak dengan Hambatan Majemuk Kelas X di SLB Negeri 1 Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7(7).

Published
2021-04-05
Abstract viewed = 244 times
pdf downloaded = 131 times