Pengembangan Media Manik-manik Hitung untuk Pemahaman Konsep Bilangan Anak Kelompok A

Kartika Ananda, Harun

  • Kartika Ananda Universitas Palangka Raya
  • Harun Harun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan media manik-manik hitung yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok A dan menguji keefektifan media manik-manik yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan sembilan tahap penelitian hingga pada tahap penyempurnaan produk akhir. Sembilan tahapan ini mengacu pada tahap yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, lembar observasi checklist pada anak, dan angket respon guru dari 12 sekolah. Analisis data menggunakan Uji Normalitas dan Uji Wilcoxon pada data time series. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa media manik-manik hitung memperoleh kriteria “Layak”menurut ahli materi dengan persentase sebesar 75% dan “Sangat Layak”menurut ahli media dengan persentase sebesar 85%. Media manik-manik hitung efektif dan layak digunakan setelah dilakuakan uji coba awal, uji lapangan utama, dan uji lapangan operasional, dimana setiap sekolah dilakakukan empat kali perlakuan dan mengalami peningkatan pada setiap indikatornya.

Keywords: Anak Usia Dini, Bilangan, Manik-Manik, Media

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Ashar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Aunio, P., & Räsänen, P. (n.d.). Numerical skills for learning mathematics in children aged five to eight years – a working model for educators, (June 2015), 37–41. European Early Childhood Education Care https://doi.org/10.1080/1350293X.2014.996424

Borg, W.R., & Gall, M.D. (1979). Education research an introduction (third ed). New York: Longman Inc.

Burns, M. (2007). About Teaching Mathematics A K-8 Resource (Third Edition). Sausalito: Math Solution Publication.

Cahyati, N. (2018). KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA MEMANCING. Jurnal Pelita PAUD, 2(2), 200–213.

Carbonneau, K. J., & Marley, S. C. (2015). Instructional Guidance and Realism of Manipulatives Influence Preschool Children ’ s Mathematics Learning. 83(4), 495–513. https://doi.org/10.1080/00220973.2014.989306

Linder, S. M., Powers-Costello, B., & Stegelin, D. A. (2011). Mathematics in Early Childhood: Research-Based Rationale and Practical Strategies. Early Childhood Education Journal, 39(1), 29–37. https://doi.org/10.1007/s10643-010-0437-6

Carbonneau, K. J., & Marley, S. C. (2015). Instructional Guidance and Realism of Manipulatives Influence Preschool Children ’ s Mathematics Learning, 83(4), 495–513. https://doi.org/10.1080/00220973.2014.989306

Cheng, D. P. W. (2012). The Relation Between Early Childhood Teachers’ Conceptualization of “Play” and Their Practice: Implication for The Process Of Learning to Teach. Frontiers of Education in China, 7(1), 65–84. https://doi.org/10.3868/s110-001-012-0004-2

Clements, D. H., Fuson, K. C., & Sarama, J. (2017). The Research-Based Balance In Early Childhood Mathematics : a Response to Common Core Criticisms. Early Childhood Research Quarterly, 40(April),150–162. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.03.005

DeGroot. (2012). Math Play : Growing and developing mathematics understanding in an emergent play-based environment . San Diego: University Of California

Diamond, A., & Whitington, V. (2015). Studying Early Brain Development: Educators’ Reports About Their Learning and Its Applications to Early Childhood Policies And Practices. Australasian Journal of Early Childhood, 40(3), 11–19.

Direktorat Jenderal Kebudayaan. (1997). Tebaran Manik Manik di Benua Etam. Tenggarong: Museum Negeri Kalimantan Timur.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2013). Norma, Standar, Prosedur, Dan Kriteria Pedoman Sarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia

Ernest, J. M., Causey, C., Newton, A. B., Sharkins, K., Summerlin, J., & Albaiz, N. (2014). Extending the Global Dialogue About Media, Technology, Screen Time, and Young Children. Childhood Education, 90(3),182–191. https://doi.org/10.1080/00094056.2014.910046

Kustiawan, Usep. (2012), Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Cahyati, N. (2018). KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA MEMANCING. Jurnal Pelita PAUD, 2(2), 200–213.

Carbonneau, K. J., & Marley, S. C. (2015). Instructional Guidance and Realism of Manipulatives Influence Preschool Children ’ s Mathematics Learning. 83(4), 495–513. https://doi.org/10.1080/00220973.2014.989306

Linder, S. M., Powers-Costello, B., & Stegelin, D. A. (2011). Mathematics in Early Childhood: Research-Based Rationale and Practical Strategies. Early Childhood Education Journal, 39(1), 29–37. https://doi.org/10.1007/s10643-010-0437-6

Negen, J. & Sarnecka, B.W. (2014). Is there really a link between exact-number knowledge and approximate number system acuity in young children?. British Journal of

Developmental Psychology. California: University of California

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Reni Rahayu. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Media Manik-Manik Pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar Tahun 2014/2015. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Setyosari, Punaji & Sihkabuden. (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.

Vitiarti, (2014). Pembelajaran kontekstual matematika bermedia manik-manik untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas V SDN Karangbesuki IV Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Published
2021-03-10
Abstract viewed = 17 times
pdf downloaded = 32 times