Penilaian Pembelajaran Pendidikan Berbasis Karakter Pada Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

  • Khairina Mangge Universitas Negeri Gorontalo
  • Yenti Juniarti Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini didasarkan karena belum adanya penilaian pembelajaran berbasis karakter yang dilakukan pada Tk Negeri Pembina Kihajar Dewantara Kota Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan penyaluran mutu pada setiap pendidik maupun peserta didik yang kemudian nantinya akan menerapkan salah satu metode pembelajaran pendidikan berbasis karakter ini, agar peserta didik lebih dapat memahami pendidikan Karakter itu seperti apa dan bagaimana menyikapinya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun metode dalam penelitian ini menggunaka merode R and D dimana menghasilkan sebuah pengembangan berupa solusi yang dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk metode pembelajaran dan Rancangan pembelajara harian di sekolah TK Negeri Pembina Kihajar Dewantara. dari berbagai Hasil akhir dari penelitian ini adaalah menciptakan suatu metode pembelajaran pendidikan berbasis karakter yang kemudian pendidik (Guru) akan menerapkannya kepada peserta didik melalui RPPH atau RPPM disetiap sekolah masing-masing, agar terciptanya suatu aktualisasi penyaluran dari pendidik ke peserta didik melalui Metode pembelajaran pendidikan berbasis karakter dengan mengaitkan aspek perkembangan sosial emosional anak usia dini.

Keywords: Penilaian, Pendidikan Karakter, Aspek Sosial Emosional

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliwear. (2012). MOBILE LEARNING (M LEARNING) SOLUSI CERDAS PEMBELAJARAN TERKINI. Diambil dari

https://alisadikinwear.wordpress.com/2012/07/07/mobile-learning-mlearning-solusi-cerdas-pembelajaranterkini/.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Dailysocial. (2012) nelson found on

smartphone utilization in asia. Diambil dari http://en.dailysocial.net/search/?q

=nielsen%E2%80%99s+found+on+smartphone+utilization+in+asia Dick, W., Carey, L., & Carey, J. (2001). The Systematic Design of Instruction. USA: Addison-Wesley Educational Publisher Inc.

Danim, Sudarwan (2014). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alvabeta, Cv.

Dwiyogo, W. D. (2008). Aplikasi Teknologi Pembelajaran Media Pembelajaran Penjas & Olahraga. Malang: Departemen Pendidikan Nasional, Universitas Negeri Malang Fakultas: Ilmu Pendidikan.

Eka Sapti Cahyaningrum, 2017. Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan.

Husna Amalia (2016). Implementasi Home Visit Dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI di SDIT Al-Azhar. Didaktika Religia Volume 4, No. 1 Tahun 2016.

Linda Suryani (2019). Pengaruh Home Visit Asuhan Keperawatan Gigi Keluarga Terhadap Status Kebersihan Gigi Dan Mulutpada Balita Di Desa Lambhuk Banda Aceh. Jurnal Kesehatan Masyarakat Dan Lingkungan Hidup. Vol 4 No 2 (2019)

Marlina (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenada Media Group.

Muhammad Fadlillah & Lilif Mualifatu Khorida (2016).Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. (KDT). Jakarta : Malang

Mulianah Khaironi, 2017. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Pengetahuan, Seputar (2017). Pengertian Assessment, Fungsi, Tujuan, Jenis & Contoh Lengkap. Diakses tanggal 13 Desember 2019 dari https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/09/pengertian-assessmentfungsitujuan-jenis-jeniscontoh.html

Ratih (2013). Definisi Evaluasi Pendidikan, Penilaian (Assesment), Pengukuran dan Tes dalam Pendidikan. Diakses 13 Desember 2019 dari https://ratih612.wordpress.com/2013/01/24/definisi-evaluasi-pendidikanpenilaianassesmentpengukurandan-tes-dalam-pendidikan/

Suyadi, M.Pd.I. & Maulidya Ulfah,M.P.d.I. (2016).Konsep Dasar PAUD. (Ed). Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Peserta didik Taman Kpeserta didik. Jakarta: Prenada Media Group.

Zubaidi, 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.

Published
2021-06-27
Abstract viewed = 63 times
pdf downloaded = 33 times

Most read articles by the same author(s)