Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Sentra

  • Ayu Mustika Sari Program Study Pendidikan Anak Usia Universitas Dharmas Indonesia
  • Maldin Ahmad Burhan Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki perangkat pembelajaran yang ada di TK khsususnya TK Islam Terpadu Yadiaksa dengan model pembelajaran berbasis sentra.  Jenis penelitiannya adalah penelitian pengembangan yaitu menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Tahap pendefinisian meliputi analisis kurikulum, analisis karakteristik anak, dan analisis materi. Tahap perancangan dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran yaitu Program Semester, RPPM, RPPH, lembar kerja anak dan penilaian, dan tahap pengembangan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Hasil penilaian validasi perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh tiga orang ahli mempunyai skor validasi isi, skor validasi bahasa, dan skor validasi konstruk. Hasil penilaian praktikalitas perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas, Hasil efektifitas perangkat pembelajaran dilihat dari penilaian enam aspek perkembangan anak. Penelitian ini menghasilkan Perangkat Pembelajaran berbasis model sentra yang valid praktis dan evektif. Hasil penilaian praktikalitas perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas mempunyai skor 91,25% dengan kategori sangat praktis. Dari data tersebut dapat diketahui anak yang berkembang adalah 21 orang yaitu 87,5% dari keseluruhan anak, hal ini menujukkan bahwa ketuntasan enam aspek perkembangan anak melebihi 75%  anak berada pada tahap berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB).

Keywords: Pengembangan, Perangkat, Model Sentra

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haenilah 2015. Konsep Dasar Pedidikan Anak Usia Dini Creative for Chilhood Research and Training. Jakarta: indeks.

Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Latif, Mukhtar, dkk. 2013. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenamedia Group.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Peraturan Menteri dan Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Proses Anak Usia Dini. 2014.

Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. 2007 Jakarta:

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press.

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung: Rosdakarya.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Dini Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Dini Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana

Published
2020-12-13
Abstract viewed = 34 times
pdf downloaded = 26 times