Analisis Faktor Pendukung Kinerja Standar Pendidik terhadap Ketercapaian Indikator Sekolah Ramah Anak

  • M. Hery Yuli Setiawan Universitas Slamet Riyadi
  • Ahmad Jawandi Universitas Slamet Riyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian indicator perolehan predikat sekolah ramah anak dilihat dari factor pendukung dari kinerja standar pendidik. Latar belakang dari penelitian ini pada perolehan status sekolah ramah anak ditingkat Nasional termasuk jenjang PAUD, salah satu dari indicator pencapaian predikat sekolah ramah anak tersebut adalah pada standar kinerja pendidik. Keberhasilan yang di peroleh TK Negeri Pembina Jebres ini dalam perolehan indicator kinerja ini menjadi daya tarik peneliti terutama pada stanadar kinerja pendidik. Metode penelitian ini mengunakan Kualitatif deskriptif yang pengumpulan datanya melalu angket, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini factor standar kinerja pendidik sangatlah mendukung dalam pencapain indicator sekolah ramah anak, karena guru berperan langsung sebagai yang terdepan untuk memenuhi hak anak dan perlindungan kepada anak serta pengembangan bakat minat anak.

Keywords: Standar Kinerja Pendidik, Indikator, Sekolah Ramah Anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Komariah, Djam’an Satori, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta.

Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975

Hasibuan, A. T., & Rahmawati, R. (2019). Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 Di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 49–76. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.180

Kristanto, K., Khasanah, I., & Karmila, M. (2012). Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (Sra) Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se-Kecamatan Semarang Selatan. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 38–58. https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.257

Mandiudza, L. (2013). Child Friendly Schools. Greener Journal of Educational Research, 3(6), 283–288. https://doi.org/10.15580/gjer.2013.6.011813393

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Perlindungan, K. P. P. dan. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak. https://sekolahramahanak.files.wordpress.com/2013/11/juknis-final-3-2-16-1.pdf

Ranti Eka Utari. (2016). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tempuran Kab Magelang. In Skripsi.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukono. (2015). Analisis Kinerja Guru IPS Pasca Sertifikasi Di SMP Negeri Kota Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan2, 3(1), 48–53.

Uce, L. (2017). The Golden Age: MASA EFEKTIF MERANCANG KUALITAS ANAK. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 79–92. https://doi.org/10.1007/978-3-319-04840-6_5

Yulianto, A. (2016). Pendidikan Ramah Anak Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 137. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v1i2.192

Published
2020-12-09
Abstract viewed = 19 times
pdf downloaded = 8 times