Pengaruh Parenting Terhadap Pemahaman Orang Tua Mengenai Calistung pada Anak
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan kedua setelah pendidikan keluarga untuk mempersiapkan kematangan anak ketika melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Berbicara mengenai kesiapan anak, masih banyak masyarakat yang berasumsi bahwa kesiapan yang harus dimiliki anak hanya sebatas pada kemampuan membaca, menulis dan berhitung saja. Maka dari itu, perlunya kegiatan parenting untuk memberikan pemahaman bahwa Pendidikan Anak Usia Dini harus memastikan anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dengan memberikan stimulasi yang sesuai dengan prinsip pendidikan anak usia dini, belajar melalui bermain dengan penggunaan media yang menarik. Metodologi penelitian yang digunaan dalam penelitian ini ialah one group pretest-posttest. Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata posttest. Selain itu, dilakukan uji t yang menunjukkan nilai t hitung 18.809 >dari t tabel maka dinyatakan H0 ditolak, atau H1 diterima, maka kesimpulannya ialah terdapat pengaruh yang signifikan oleh parenting terhadap pemahaman orang tua mengenai calistung pada anak usia 4-5 tahun.
Downloads
References
Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19. Retrieved from ejournal.radenintan.ac.id
Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 1(2), 65–74.
Latif, M., Zubaidah, R., Zulkhairina, & Afandi, M. (2016). ORIENTASI BARU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI : Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2014). PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI : Pengantar Dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Tarigan, H. G. (2008). MEMBACA : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Widyastuti, A. (2018). Implementasi Program Parenting Tentang Stimulasi Membaca, Menulis, Berhitung Bagi Orang Tua Dan Guru Paud Limo Depok. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 66.
Copyright (c) 2020 Lilis Lisnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.