Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Box and Board Colour pada Anak
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan alat permainan edukatif box and board colour yang bermanfaat sebagai sarana meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak usia 4 – 5 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengadopsi langkah-langkah penelitian dari Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi tiga tahap yaitu: pengumpulan data, desain produk, dan validasi desain. Analisis hasil validasi dilakukan dengan menggunakan rumus Aiken. Validasi Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) menurut ahli materi, alat permainan edukatif box and board colour sesuai untuk pembelajaran membaca permulaan bagi anak usia 4 – 5 tahun, (2) menurut ahli media, alat permainan edukatif box and board colour tepat digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak usia 4 – 5 tahun, (3) sesuai hasil validasi dari ahli materi dan media disimpulkan bahwa alat permainan edukatif box and board colour yang dihasilkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak usia 4-5 tahun.
Downloads
References
Saepudin, A. 2013. ProblematikaPendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Cakrawala Dini. Volume 4 (1): 3.
Ariestadi, D. 2010. Kajian Dan Pengembangan Standar Bangunan Taman Kanak-Kanak Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, Vol. 33 (2) : 121.
Ardiyanto, A. 2017. Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak. Usia Dini. Jurnal Jendela Olahraga, Vol 2 (2) : 36.
Sulastri, N. K. dkk. 2013. Implementasi Teknik Bermain Peran Dalam Upaya Meningkatkan Sikap Sosial Emosional Dan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B Tk Negeri Pembina Kelungkung. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, Vol 3 (1) : 3.
Syamsuardi. 2012. Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Taman Kanak-Kanak Paud Polewali Kecamatan Tanete. Jurnal Publikasi Pendidikan , Vol 11 (1) : 61.
Puspitorini, T, D. 2018. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Madiun. Jurnal Care, Volume 5 (2) : 42.
Indria, V.P. Sumarsih. dkk. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Membaca Glenn Doman Pada Anak Kelompok A Paud Sambela Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 2 (2)
Retnawati, H. 2016. Validitas Reliabilitas dan Karakteristik Butir. Yogjakarta : Parama Publishing
Lusiana, D. & Lestari W. 2013. Instrumen Penilaian Afektif Pendidikan Karakter Bangsa. Journal of Educational Research and Evaluation, Vol 2 (1) : 3.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Copyright (c) 2020 Desy Misnawati, Widi Wulansari, Dema Yulianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.